Ahad 29 Mar 2015 17:02 WIB

Umat Katolik Masuki Pekan Suci

Umat Katolik Magelang Rayakan Paskah (Ilustrasi)
Foto: Antara
Umat Katolik Magelang Rayakan Paskah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,KUPANG -- Umat Katolik sejagat, termasuk di wilayah Keuskupan Agung Kupang, Ahad (29/3), mulai memasuki pekan suci yang ditandai dengan perayaan Minggu Palma untuk mengenang Yesus Kristus masuk ke Kota Yerusalem pada 2.000 tahun lampau.

Dalam tradisi Gereja Katolik, Minggu Palma disebut sebagai pembuka pekan suci yang dimulai dari perayaan Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Alleluya sampai berakhir pada Minggu Paskah yang dikenang umat kristiani sedunia sebagai kebangkitan Yesus Kristus.

Romo Stefanus Mau, Pr ketika memimpin ekaristi Minggu Palma di Stasi St Hendrikus Binilaka, Paroki St Yoseph Pekerja Penfui Kupang mengatakan Minggu Palma, tidak hanya sekadar untuk mengenang masuknya Yesus Kristus ke Kota Yerusalem.

"Gereja tidak hanya mengenang peristiwa masuknya Yesus ke Kota Yerusalem dalam perayaan Minggu Palma, tetapi juga untuk mengenang kisah sengsara Yesus yang dimulai dari perayaan Kamis Putih sampai Minggu Paskah," katanya.

Dalam tradisi gereja, setelah umat melakukan prosesi daun palem (melambai-lambaikan daun palem), dilanjutkan dengan pembacaan kisah-kisah sengsara Yesus dalam Kitab Injil. "Memang kisah-kisah ini akan dibacakan ulang dalam liturgi [Jumat Agung] akan tetapi pemaknaannya berbeda," kata Kepala SMA Katolik Giovanni Kupang itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement