Rabu 25 Mar 2015 04:39 WIB

Kerjasama Maritim Indonesia-Korea Diperkuat

Demikian hasil pertemuan antara Duta Besar Korea Taiyoung Cho dengan Menko Kemaritiman, Indroyono Soesilo di Jakarta, Selasa (24/3).
Foto: Istimewa
Demikian hasil pertemuan antara Duta Besar Korea Taiyoung Cho dengan Menko Kemaritiman, Indroyono Soesilo di Jakarta, Selasa (24/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kerjasama bidang kemaritiman antara Indonesia dan Korea telah berlangsung sejak tahun 1970-an dengan pembangunan kapal-kapal patroli cepat TNI-AL Kelas KRI Keris, yang dibangun galangan kapal Korea bersama-sama dengan Galangan PT-PAL Surabaya. Juga kerjasama riset geologi laut dalam antara Korean Ocean Research Development Institute (KORDI) dengan Badan Riset Kelautan dan Perikanan (BRKP) di lautan utara Papua pada awal tahun 2000-an.

Kerjasama serupa akan ditingkatkan dimasa datang. Demikian hasil pertemuan antara Duta Besar Korea Taiyoung Cho dengan Menko Kemaritiman, Indroyono Soesilo di Jakarta, Selasa (24/3).

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas berbagai program kerjasama kemaritiman RI-Korea yang saat ini tengah berlangsung, seperti pembangunan kapal perang Landing Platform Dock (LPD), pembangunan kapal selam untuk TNI-AL dan kerjasama antara Pukyong National University dengan Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta.

Selain itu, disepakati rintisan kerjasama kemaritiman yang lebih maju diantara kedua negara. Dalam waktu dekat, para ahli Korea dan Indonesia akan melakukan kajian tentang kemitraan strategis bidang kemaritiman dan hasilnya akan dipaparkan dalam Seminar Indonesia-Korea, Agustus 2015 yad. guna dipakai para pengambil kebijakan kedua negara dalam meningkatkan kerjasama.

Saat ini ada sekitar 2200 perusahaan Korea beroperasi di Indonesia dan menyediakan lapangan kerja bagi 1.000.000 orang. Beberapa investasi terbaru Korea yang menonjol adalah di bidang industri baja dan pengembangan empat pabrik ban di Indonesia, menggunakan produk karet alam Nusantara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement