Kamis 12 Feb 2015 18:42 WIB
Penyerangan Az Zikra

Terkait Sunni dan Syiah, Ini Komentar Menteri Agama

Rep: c83/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPD RI di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (11/2).  (Republika/Agung Supriyanto)
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPD RI di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (11/2). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin mengecam keras aksi kekerasan yang terjadi di komplek Majelis Az Zikra. Ia juga mengaku khawatir jika kasus ini ditunggangi oleh pihak ketiga untuk membenturkan umat Islam Indonesia dengan mengangkat isu seputar sunni dan syiah.

Terkait isu sunni dan syiah, ia mengatakan memang terdapat perbedaan di antara keduanya. Namun persamaannya jauh lebih besar dari pada perbedaan tersebut. Di antaranya sunni dan syiah sama-sama bersyahadat, meyakini Allah adalah Tuhan, Meyakini Nabi muhammad Rasul terakhir, Menunaikan sholat, puasa dan lainnya.

Sehingga akan lebih baik jika bukan perbedaan yang ditonjolkan. Namun, jika memang ingin mengemukakan perbedaan tersebut maka harus disampaikan dengan rasa saling menghormati dan menghargai antara satu dengan yang lain.  

"Tapi kita harus akui ada perbedaan, tapi perbedaan itu tidak perlu terlalu ditonjolkan sekali yang justru menimbulkan pertentangan antara satu yang lainnya," kata Lukmah Hakim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement