Selasa 15 Apr 2014 20:36 WIB

Mendikbud: Bocoran Kunci Jawaban UN Hanya Jualan 'ABCD'

Muhammad Nuh
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Muhammad Nuh

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Mendikbud Muhammad Nuh menegaskan bahwa munculnya bocoran kunci jawaban soal UN dalam beberapa tahun terakhir hanya bersifat jualan kunci jawaban "ABCD" yang tingkat kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Misalnya, ada daerah yang dilaporkan ada kebocoran pada hampir semua sekolah yang ada. Tapi, ternyata apa yang dikatakan 'hampir semua' itu justru daerah yang nilai UN-nya tidak baik," kata Muhammad Nuh pada Selasa.

Ia mengaku selalu menurunkan tim investigasi ke daerah yang dilaporkan masyarakat ada dugaan kebocoran soal UN.

"Yang sering terjadi, kunci jawaban itu tidak bisa ditelusuri,'' katanya. ''Karena asal-usul kunci itu berasal dari mana justru tidak jelas.''

Oleh karena itu, ia menilai isu-isu tentang bocornya kunci jawaban soal UN itu merupakan isu yang wajar terjadi dimana saja dan dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan pribadi.

"Itu jualan kunci jawaban ABCD yang ada pada ujian apapun, termasuk ujian masuk perguruan tinggi pun ada yang jualan kunci jawaban seperti itu. Itu dagangan yang cari untung saja," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement