Senin 13 Feb 2017 11:29 WIB

Banjir Setinggi 70 Cm, Djarot: Ini Bukan Banjir, Tapi Tergenang

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Bilal Ramadhan
Pengendara mobil berusaha menerobos banjir
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.
Pengendara mobil berusaha menerobos banjir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur Pejawat DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan banjir setinggi 70 cm yang ada di Kampung Arus RW 02, Kelurahan Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur hanyalah genangan. Ia menyatakan genangan tersebut sudah surut.

"Ya makanya tadi malam saya cek. Ini bukan banjir, tapi tergenang sekarang sudah surut," ujar Djarot menegaskan di Balai Kota,Senin (13/2).

Menurutnya, banjir adalah air yang tidak surut hingga enam sampai delapan jam sehingga penduduk harus mengungsi. Jika genangan, Djarot mengatakan, air hanya bertahan kurang dari empat jam dan langsung surut.

"Jadi ini sudah mulai berkurang, sehingga saya belum dapat laporan apakah ada yang mengungsi seperti di kota-kota luar Jakarta, seperti Banten, Trenggalek bahkan Blitar juga banjir sampai ngungsi di Kabupaten Sutojayan. Padahal kan hujannya luar biasa sampe pukul 23.00 WIB tadi malam tapi enggak ada banjir," katanya.

Sisi lain, Pemprov DKI Jakarta telah memantau kondisi banjir melalui Jakarta Smart City. Semua kondisi tersebut, Djarot menuturkan, sudah terawasi. "Bisa dilihat karena sudah terpasang CCTV. 5600 titik CCTV-nya. Kita bisa kendalikan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement