Sabtu 16 Aug 2014 03:12 WIB

Perayaan Hari Kemerdekaan India Berlangsung Meriah

Rep: Maman Sudiaman/ Red: Julkifli Marbun
Duta Besar India Gurjit Singh menaikkan bendera
Foto: Kedutaan Besar India
Duta Besar India Gurjit Singh menaikkan bendera

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upacara Pengibaran Bendera Hari Kemerdekaan yang ke-68 dirayakan di Kedutaan Besar India, Jakarta, Konsulat Jenderal India di Bali dan Konsulat Jenderal India di Medan pada hari ini dengan kemeriahan dan semangat tradisi.

Duta Besar India, Gurjit Singh mengibarkan bendera nasional di area kedutaan dan upacara yang sama dilakukan pula di Konsulat-konsulat.

Sekitar 300 orang dari komunitas India, Indian Origin dan kawan-kawan India menghadiri upacara pengibaran bendera. Sekitar 150 murid-murid dari 3 Sekolah India yaitu Gandhi International School, Rama Internasional School dan Texmaco DPS School menyanyikan lagu kebangsaan serta lagu-lagu patriot.

Hal tersebut diikuti dengan pertunjukan kebudayaan dari murid-murid Jawaharlal Nehru Indian Cultural Center (JNICC), Jakarta.

Dilanjutkan pula dengan pembacaan Pidato Presiden oleh Duta Besar dan para Konjen di berbagai Duta Besar menyapa para anggota komunitas India pada peringatan Hari Kemerdekaan, menanyakan mengenai kesejahteraan mereka, memberikan pandangan umum mengenai berbagai aktifitas dan inisiatif yang sedang dilakukan Kedutaan dan menyampaikan pula kegembiraan beliau mengenai hubungan pertemanan antar India dan Indonesia.

Dubes juga memberitahukan mengenai pertemuan baru-baru ini antara Menlu India, Sushma Swaraj dan Menlu Indonesia, Marty Natalegawa pada East Asia Summit yang dilaksanakan di Myanmar.

Dalam rangka Hari Kemerdekaan, Duta Besar Gurjit Singh juga akan meresmikan kantor baru dari PT. Megasari Makmur (Godrej Indonesia), sebuah perusahaan India yang merupakan produsen barang-barang konsumen, di Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Perusahaan tersebut adalah salah satu investor besar di Indonesia. Kantor berteknologi tinggi itu dapat menampung 250 orang karyawan.

Dalam rangka Hari Kemerdekaan, kelompok social Jain (The Jain Social Group) akan memberikan donasi sebesar Rp. 135 juta kepada Klinik Ibu dan Anak “Lestari” di Jakarta bertujuan membantu operasi bibir sumbing sebagai aktivitas social dari Kedutaan melalui forum kebudayaan India (Indian Cultural Forum).

Kepada wartawan, Duta Besar mengatakan bahwa pemerintahan baru di india memiliki visi mengenai pertumbuhan ekonomi yang cepat. Duta Besar mengatakan bahwa India dan Indonesia memiliki banyak kesamaan.

Merupakan suatu kebetulan bahwa Hari Kemerdekaan yang dirayakan kedua Negara hanya terpaut 2 hari, sehingga perayaan kemerdekaan pertama dilakukan oleh India dan dirayakan oleh Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Duta Besar menyatakan kepercayaannya bahwa hubungan baik antar India dan Indonesia akan menguat lebih jauh dibawah pemimpin politik yang baru di kedua Negara.

sumber : Press Release
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement