Selasa 29 Apr 2014 12:55 WIB

TNI AD Luncurkan KMC Terbaru

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Julkifli Marbun
Sebuah kapal TNI AL (ilustrasi)
Sebuah kapal TNI AL (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mabes TNI AD meluncurkan kapal motor cepat (KMC) hasil riset sejumlah perguruan tinggi negeri dan PT Tesco Indomaritim. Launching tersebut sekaligus uji coba kesiapan teknologi tersebut agar dapat disempurnakan.

Kegiatan itu berlangsung di Ancol Beach City, Jakarta, Selasa (29/4). Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jendral TNI Budiman membuka acara tersebut dan mengikuti proses uji coba perlengkapan perang itu.

KMC terdiri dari dua jenis kapal yakni Komando dan Hovercraft. Untuk KMC Komando dapat dioperasikan di semua medan, baik rawa, sungai dan pesisir laut. Kapal itu mampu menempuh jarak hingga 250 NM, dan menampung hingga 30 personil.

Kemudian, Hovercraft digunakan untuk perairan dangkal. KMC itu dapat digunakan untuk mengangkut bekal material dan operasional penanggulangan bencana. Daya tampungnya memang hanya sampai 10 orang, namun punya tingkat stabil yang baik.

Selain demonstrasi KMC, Mabes TNI juga memperlihatkan hasil risetnya seperti Gyrocopter, Multirotor, Flaping bird, dan uji penembakan senjata SMB 12,7 MM dengan sistem remote weapon stasion (RWS).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement