Selasa 18 Feb 2014 19:19 WIB

Pekalongan Gelar Krenova 2014

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Indira Rezkisari
Krenova merupakan penghargaan bagi warga yang berhasil mengembangkan IPTEK.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Krenova merupakan penghargaan bagi warga yang berhasil mengembangkan IPTEK.

REPUBLIKA.CO.ID, KAJEN -- Untuk memotivasi pengembangan inovasi teknologi tepat guna dan kreativitas bagi warga Pekalongan, pemerintah kabupaten setempat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Pekalongan menggelar kegiatan Pengembangan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) 2014.

''Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat Kabupaten Pekalongan baik secara individu maupun kelompok, yang telah berhasil sebagai penggali, penemu atau pengembang di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan karyanya secara nyata berhasil memberi manfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,'' kata Kepala Bappeda Kabupaten Pekalongan melalui Kepala Bidang Statistik dan Penelitian Pengembangan Ikhlas Ananda, Selasa (18/2).

Menurut dia, kegiatan lomba Krenova ini mencakup semua hasil kreativitas dan inovasi di bidang teknologi baik bersifat konseptual atau penerapan yang telah dilakukan di bidang agribisnis dan pangan, energi, kesehatan, obat-obatan dan kosmetika, rekayasa dan manufaktur, pendidikan, kehutanan dan lingkungan hidup, kelautan dan perikanan, serta kerajinan dan industri rumah tangga. Pesertanya bisa dari individu, kelompok, lembaga pendidikan dan 0rganisasi.

Ditambahkan Ikhlas, penilaian lomba ini meliputi penilaian administrasi dan verifikasi lapangan untuk yang masuk dalam nominasi, sedang aspek-aspek penilaian mencakup orisionalitas, kepeloporan, penerapan di masyarakat, manfaat dan Keberlangsungan. ''Temuan yang akan diajukan merupakan kreativitas dan inovasi IPTEK yang mempunyai nilai ekonomis dan memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat,'' katanya menjelaskan.

Lebih lanjut Ikhlas menyampaikan, sebagai penghargaan bagi pemenang lomba krenova ini, panitia telah menyiapkan piagam dan insentif pembinaan dari Bupati Pekalongan yang akan diserahkan pada Agustus 2014. Pengajuan proposal dikirim kepada  Bupati Pekalongan lewat Kepala Bappeda.

Seleksi administrasi lalu akan dilakukan pada 25 Februari 2014. ''Bagi yang berminat, silakan segera mengajukan proposal secara tertulis, dengan melampirkan spesifikasi teknis, proses dan cara kerja, serta manfaat atau kapasitas produksi (untuk alat). Jangan lupa foto atau gambar teknis dari tiga sisi,'' jelasnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement