Rabu 22 Jan 2014 11:53 WIB

Pagi Ini, Sinabung Meletus Lagi

Rep: Irfan Fitrat/ Red: A.Syalaby Ichsan
Gunung Sinabung
Foto: AP
Gunung Sinabung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, masih dalam status awas. Sejak awal Rabu (22/1) hingga pukul 06.00 WIB, sudah terjadi beberapa kali letusan di gunung tersebut.

"Terjadi lima kali letusan disertai awan panas," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangannya, Rabu (22/1). Menurut dia, awan panas meluncur ke arah Selatan-Tenggara sejauh 2000-4500 meter.

Sutopo juga mengatakan, guguran lava pijar masih terus terjadi. Terhitung sudah 99 kali yang mengalir ke arah Tenggara sejauh 1500-3000 meter. Menurut Sutopo, gempa pun masih terjadi akibat aktivitas Gunung Sinabung. "Aktivitas Gunung Sinabung masih tinggi dan pembentukan kubah lava masih berlangsung kemudian gugur ke lereng Tenggara," ujar dia.

Pada Jumat (21/1), Sutopo menyebut terjadi 18 kali letusan sepanjang hari. Menurut dia, letusan itu disertai awan panas tinggi yang meluncur 3500-4500 meter ke arah Selatan dan Tenggara.

Ia juga mengatakan, aktivitas guguran lava masih seringkali terjadi. Jumlahnya mencapai 211 kejadian. Menurut Sutopo gempa vulkanik juga masih terekam yang menunjukkan adanya gerakan magma dari dalam gunung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement