Kamis 19 Sep 2013 20:40 WIB

Peserta Konvensi Demokrat Bisa Pakai Dana Sendiri

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Mansyur Faqih
Petugas berfoto di depan poster konvensi calon presiden Partai Demokrat di Jakarta, Ahad (15/9) malam. Konvensi calon presiden Partai Demokrat diikuti oleh 11 orang calon baik dari dalam partai atau non partai.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Petugas berfoto di depan poster konvensi calon presiden Partai Demokrat di Jakarta, Ahad (15/9) malam. Konvensi calon presiden Partai Demokrat diikuti oleh 11 orang calon baik dari dalam partai atau non partai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peserta konvensi capres Partai Demokrat dapat menggunakan dana sendiri untuk melakukan kegiatan di luar agenda. Komite konvensi meminta sumber dana 11 peserta itu harus dijelaskan secara transparan. "Dicari cara supaya pertanggungjawabannya transparan," kata Sekretaris Komite Konvensi Suaedy Marasabessy, saat dihubungi Republika, Kamis (19/9). 

Ia mengatakan, sudah ada ketentuan utama yang disyaratkan komite. Yakni, sumber dana para peserta harus jelas dan legal. Komite akan mengecek dan melihat sumber dana para peserta. Dalam persyaratan administrasi, menurut dia, para peserta melampirkan nomor rekening. Dari situ komite bisa meminta pertanggungjawaban.

Mengenai pertanggunjawaban ke pihak luar, ujarnya, komite masih melakukan pembahasan. Karena undang-undang pemilu belum menjangkau masalah konvensi. Karena itu, ia mengatakan, komite akan melihat cara agar pertanggungjawaban pendanaan peserta itu dapat transparan. "Tentang ke lembaga mana, KPK atau KPU, nanti dilihat," kata dia. 

Wakil Ketua Komite Konvensi Capres Partai Demokrat Taufiqurahman Ruki menambahkan, peserta konvensi dapat menggunakan dana sendiri ketika melakukan kegiatan di luar agenda. Komite tidak akan terlalu mencampuri sumber dana para peserta. "Sepanjang sesuai ketentuan dan peraturan undang-undang yang berlaku," kata dia. 

Soal pertanggungjawaban ke pihak luar, Taufiq mengatakan, komite akan menyesuaikan dengan ketentuan yang ada. Ia mengatakan, komite tidak akan membuat aturan khusus terkait pertanggungjawaban itu. "Kita tetap memegang aturan yang ada. Komite tidak membuat aturan," ujar dia.

Peserta konvensi, Marzuki Alie mengatakan, akan mempertanggungjawabkan dana yang bantuan yang diterimanya. Ia akan melaporkan apabila ada dana bantuan dari luar. Jika melanggar ketentuan yang berlaku, ia akan mengembalikannya kepada pihak yang berwenang. "Gampang saja. Jangan justru jadi masalah," kata dia.

Terkait dana untuk kegiatan konvensi, Taufiq mengatakan, semuanya berasal dari Demokrat. Sebagai bentukan partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu, komite tidak menerima dana dari sumber lain. Dana itu dipergunakan untuk melakukan berbagai agenda komite. "Peserta konvensi harus mengikuti kegiatan itu," kata dia. 

Mengenai kegiatan konvensi berikutnya, menurut Suaedy, saat ini komite masih melakukan koordinasi. Komite tengah merancang agenda wawancara peserta dengan bentuk dialog tanya jawab. Ia mengatakan, kemungkinan agenda tersebut akan disiarkan di lembaga penyiaran. "Masih dikompromikan dengan lembaga penyiaran," ujar dia.

Selain itu, menurut Suaedy, komite juga tengah berkoordinasi dengan lembaga survei. Hasil dari lembaga survei itu yang nantinya akan berperan dalam menentukan pemenang konvensi. Lembaga survei yang nanti akan terlebih dulu membuat presentasi kepada komite.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement