Senin 26 Aug 2013 07:19 WIB

Ini Cara Pemkot Yogyakarta Perangi Vandalisme

Rep: Yulianingsih/ Red: Heri Ruslan
Aksi vandalisme/ilustrasi
Foto: fotolog.com
Aksi vandalisme/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebagai kota pariwisata Pemkot Yogyakarta terus menjaga kebersihan dan ketertiban kota tersebut.

Salah satunya adalah vandalisme atau corat-coret tak bertanggung jawab. Untuk memerangi aksi vandalisme ini Pemkot setempat menerjunkan tim khusus yang beraksi di malam hari.

Kepala Seksi Operasi Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta, Bayu Laksmono mengatakan, setiap malam ada satu regu yang berkeliling dan menggelar operasi secara tertutup untuk memerangi aksi vandalisme ini.

"Hanya saja, tindakan vandalisme biasanya terjadi sangat singkat. Usai melakukan corat-coret, pelaku langsung kabur meninggalkan lokasi. Sehingga pelaku sulit ditangkap tangan," ujarnya, Senin (26/8).

Menurutnya, meski belum berhasil menangkap tangan pelaku vandalisme namun tim khusus ini berhasil menekan angka vandalisme secara signifikan.

Hal senada diungkapkan Anggota Komisi A DPRD Kota Yogyakarta, Bambang Anjar Jalumurti. Menurutnya model operasi seperti itu sangat relevan untuk digencarkan kembali dalam memerangi aksi vandalisme.

"Karena jika tidak dengan tangkap tangan, pelaku vandalisme sulit dibuktikan," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement