Jumat 22 Feb 2013 22:57 WIB

Evakuasi Jenazah TNI Lewat Darat

Rep: Esthi Maharani/ Red: Djibril Muhammad
Indonesian Defense Forces (TNI) Commander Admiral Agus Suhartono and Map of China (insert)
Foto: Antara/Widodo S Jusuf-chinamaps.org (the map)
Indonesian Defense Forces (TNI) Commander Admiral Agus Suhartono and Map of China (insert)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Setelah helikopter Super Puma yang mengevakuasi tujuh jenazah prajurit TNI ditembaki, aparat hendak melakukan evakuasi lewat jalur darat. Panglima TNI, Agus Suhartono menegaskan evakuasi harus dilakukan hari ini.

Ia mengatakan untuk sementara, jenazah akan dibawa dari Tingginambut ke puncak jaya. Setelah itu, dari puncak jaya akan dievakuasi menggunakan helicopter ke jaya pura.

"Di sana (Jayapura) jenazah akan disemayamkan, setelah itu akan dikirim ke daerah masing-masing sesuai dengan permintaan keluarga," katanya saat ditemui di kantor presiden sebelum menghadiri rapat Kabinet terbatas mendadak, Jumat (22/2).

Seperti diketahui, ada tujuh anggota TNI tewas saat dihadang dan diserang kelompok bersenjata di Kampung Tanggulinik, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak pada Kamis (21/2) pagi kemarin. Penghadangan dan penyerangan tersebut dilakuan saat para prajurit sedang menuju Bandara Sinak untuk mengambil logistik dan radio kiriman dari Nabire.

Ia mengatakan saat ini untuk pos-pos yang diserang kelompok bersenjata jumlah anggota sudah ditambah. Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan semangat para prajurit di lapangan dan kepercayaan kepada mereka. Tak hanya itu, pihaknya pun bekerja sama dengan aparat keamanan lainnya terus mengejar pelaku penembakan.

Sayangnya, hingga hari ini belum ada hasil dari proses tersebut. Panglima juga mengatakan selain para anggota TNI yang ditembak, warga sipil pun ada yang menjadi korban.

"Dari pihak sipil memang ada, tapi kaitannya juga dengan rentatan kejadian kemarin. Ada empat orang sipil tewas diserang oleh kelompok mereka," katanya menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement