Senin 19 Nov 2012 09:45 WIB

KPK Ajarkan Anak-anak Berantas Korupsi

Rep: Alicia Saqina/ Red: Fernan Rahadi
Gedung KPK
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Gedung KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Usaha atau cara untuk mengajarkan dan menanamkan sesuatu yang baik pada seseorang, memang beragam. Begitu pula halnya dengan mengajak orang lain untuk tidak melakukan tindak pidana korupsi.

Kali ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), memiliki upaya unik mencegah tindak pidana korupsi. Sasaran pengajaran dan pendidikan pencegahan ini pun, unik, yaitu kalangan anak-anak. Terkhusus lagi, sasaran kalangannya ialah jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD).

Hari ini (19/11) KPK akan meluncurkan buku Tunas Integritas pada masyarakat luas, khusunya untuk jenjang PAUD. Tunas Integritas merupakan bacaan cerita anak yang sangat mendidik, yang berisi seputar materi pendidikan antikorupsi dan bagaimana mencegah tindak korupsi sejak dini.

Tujuan mendasar dari diluncurkannya buku Tunas Integritas ini yaitu sebagai media kampanye dan pemberian materi pendidikan antikorupsi di kalangan anak-anak. Maksud penerbitannya sendiri tidak lain, yaitu sebagai upaya pencegahan agar tindak pidana korupsi di Tanah Air pun, lenyap.

Sebelumnya, KPK telah terlebih dahulu menerbitkan buku Tunas Integritas ini. Beberapa kopi Tunas Integritas pun sudah diluncurkan secara terbatas. Alasan peluncuran media edukasi anak ini dalam jumlah terbatas tersebut, sebab untuk diujicobakan terlebih dulu secara langsung kepada anak usia dini.

Selain itu, sebelumnya pula, buku Tunas Integritas sengaja digunakan dan didiskusikan dengan para pihak penyelenggara kegiatan belajar mengajar PAUD di beberapa tempat.

Adapun tujuan peluncuran buku Tunas Integritas di hari ini oleh KPK yaitu, untuk mempublikasikan jauh secara lebih luas dan besar-besaran materi ajar antikorupsi dalam bidang pendidikan anak ini kepada masyarakat.

Bagi yang ingin menyaksikan langsung pelaksanaan peluncuran Tunas Integritas, grand launching buku diselenggarakan siang nanti (19/11) yaitu, pukul 14.00 WIB di ajang Indonesia Book Fair (IBF) 2012. IBF sendiri berlokasi di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Acara peluncuran ini dilaksanakan di Panggung Utama IBF dan akan berakhir sekitar pukul 15.30 WIB. Dijadwalkan, pada saat yang sama itu, Ketua KPK Abraham Samad akan mendongeng dihadapan tak kurang dari 100 anak-anak jenjang PAUD dan usia sekolah jenjang taman kanak-kanak.

Selain Abraham yang akan mendongeng secara langsung dihadapan siswa, dalam peluncuran buku ini juga, akan diadakan kegiatan Parade Tokoh Bercerita, dimana salah satu cerita yang ada dalam buku Tunas Integritas akan didongengkan.

Masih ada aktivitas-aktivitas seru lainnya yang dilaksanakan di stan Tunas Integritas KPK di IBF yaitu seperti Pekan Tokoh Bercerita, yang berlangsung setiap hari. Diharapkan dengan turut berpartisipasi, pengetahuan pun akan semakin bertambah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement