Jumat 19 Oct 2012 20:03 WIB

Rizal Ramli: Parpol Ibarat Taksi Sewaan

Rizal Ramli
Foto: Republika
Rizal Ramli

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Aliansi Rakyat untuk Perubahan (ARUP), Rizal Ramli, mengatakan partai politik saat ini sudah seperti taksi sewaan. Karena, figur yang diusung seringkali karena transaksi politik.

"Figur yang diusung parpol seringkali tidak tepat dan sesuai dengan keinginan rakyat. Pemilihan figur hanya karena motivasi transaksional saja," kata Rizal Ramli di Jakarta, Jumat.

Padahal, kata Rizal, bila parpol bisa mengusung figur yang prorakyat dan sesuai keinginan publik dalam pemilihan kepemimpinan daerah dan nasional, maka partai tersebut pasti bisa menjadi besar.

"Kalau partai bisa seperti itu, mereka pasti akan dipercaya publik. Calon anggota legislatif yang diusung juga pasti banyak yang terpilih," katanya.

Apalagi, kata dia, rakyat saat ini sudah lebih percaya kepada figur ketimbang kepada partai politik. Salah satu bentuk kepercayaan publik kepada figur adalah kemenangan Joko Widodo dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012.

Kemenangan Jokowi merupakan hasil perjuangan yang menginginkan perubahan dalam sistem politik Indonesia.

"Rakyat sudah menolak sistem politik yang hanya transaksional, pragmatis dan elitis. Rakyat ingin kembali ke sistem politik yang idealis," katanya. "Kemenangan Jokowi juga karena karena momentum yang pas ketika rakyat menginginkan perubahan. Kalau momentum itu tidak tepat, dia belum tentu menang.''

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement