Kamis 09 Aug 2012 18:36 WIB

Auto Siap Sediakan Komponen Mobil Non-BBM

.
.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) siap menyediakan komponen mobil nasional bertenaga non-bahan bakar minyak (BBM) baik yang bertenaga gas bumi, listik atau pun Hybrid.

"Ini pemicu yang bagus, artinya bahwa satu kemajuan teknologi yang langsung ditangkap oleh pemerintah untuk keunggulan ekonomi Indonesia harus selalu didukung," kata Presiden Direktur AUTO Siswanto Prawiroatmodjo usai perayaan ekspor perdana Divisi Winteq di Cibinong, Jawa Barat, Kamis (9/8)

Menurut dia, jika pemerintah sudah memutuskan untuk mengembangkan kendaraan yang bertenaga non-BBM maka AUTO akan mendukung dan berkontribusi untuk komponen dan otomotif bidang tersebut.

Siswanto mengaku AUTO telah mempersiapkan rencana untuk pengembangan kendaraan yang bertenaga gas kendati pemerintah belum memiliki pilihan. Dia menilai diantara ketiga jenis kendaraan bertenaga non-BBM, mobil Hybrid lebih dianggap efisien ketimbang dua jenis kendaraan yang bertenaga gas dan listrik.

Dua tipe lain, kata Siswanto, masih harus membutuhkan pembangunan infrastruktur yang tentunya memakan investasi besar. "Namun perencanaan pengembangan industri semua sudah bersedia untuk masuk ke arah mobil non-BBM ini, baik ke gas, hybrid dan elektrik juga," jelas dia.

AUTO menilai untuk purwarupa komponen kendaraan non-BBM bisa dengan mudah diadaptasi oleh industri melalui penelitian yang lebih mendalam. Melihat studi di Jepang terkait mobil listrik, kata Siswanto, sejumlah perusahaan kendaraan seperti Honda berkolaborasi dengan GS Battery sedangkan Toyota dengan Panasonic dalam menyediakan baterai untuk kendaraan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement