Jumat 27 Jul 2012 02:32 WIB

Garuda Buka Penerbangan Balikpapan-Singapura

Garuda Indonesia
Foto: wichdan hidayat
Garuda Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,BALIKPAPAN--Garuda Indonesia meresmikan penerbangan Balikpapan-Singapura di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kamis (26/7) .

Peresmian penerbangan itu dilakukan oleh Vice President Area Timur Indonesia Garuda Indonesia Rosyinah, dan dihadiri Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Subekti dan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Rute ini adalah pengembangan dari penerbangan Makassar-Singapura sehingga rutenya menjadi Makassar-Balikpapan-Singapura. Penerbangan dari Balikpapan menuju Singapura tersebut mulai beroperasi pada Jumat (27/7). Setelah tiba dari Makassar, pesawat dijadwalkan berangkat dari Balikpapan pukul 10.55 WITA.

Penerbangan ini menggunakan pesawat Boeing 737-500 berkapasitas 96 penumpang dengan konfigurasi 12 penumpang eksekutif dan 84 penumpang kelas ekonomi.

Rosyinah mengatakan di awal pembukaan rute akan dijadwalkan empat penerbangan langsung dari Balikpapan menuju Singapura yakni pada Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Apabila potensinya cukup menarik, ada kemungkinan untuk membuka penerbangan menuju Singapura setiap hari. "Kami masih melakukan penjajakan potensi," kata Rosyinah.

Sementara itu, Gubernur Awang Faroek mengharapkan agar Garuda juga bisa menjangkau daerah lain di Kalimantan Timur, termasuk menghubungkan Kalimantan Timur dan provinsi-provinsi di Kalimantan lainnya.

Penerbangan tersebut diharapkan bisa menjadi jembatan udara bagi penduduk di wilayah yang terkendala infrastruktur jalan dan jembatan.

Dari sisi pariwisata penerbangan ini juga disambut baik oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Balikpapan Doddy Achadiyat yang menyatakan promosi tentang Kalimantan Timur juga harus gencar dilakukan di Singapura.

Promosi itu sekurangnya dilakukan tiga kali setahun untuk memperkenalkan potensi daerah di Balikpapan dan Kalimantan Timur.

Menurut Achadiyat, promosi ini bertujuan agar penumpang yang masuk ke dalam negeri juga meningkat. Kalau hanya warga kita yang berkunjung ke Singapura, tentu keuntungannya hanya dirasakan Singapura.

"Akan lebih bagus lagi kalau yang dari luar juga ditarik berkunjung ke sini sehingga perputaran uang di dalam negeri juga meningkat," kata Achadiyat yang juga manajer Hotel Sagita Balikpapan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement