Kamis 14 Jun 2012 22:55 WIB

Hore..Jakarta Fair 2012 Resmi Dibuka

Rep: Ira Sasmita/ Red: Hafidz Muftisany
Jakarta Fair, ilustrasi
Jakarta Fair, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KEMAYORAN -- Jakarta Fair 2012 resmi dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (14/6) malam, di Arena Jakarta International Expo (Jiexpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Jakarta Fair merupakan event terbesar di Asia Tenggara. Dibandingkan tahun 2004 terjadi lonjakan jumlah pengunjung hingga dua kali lipat. Dan peningkatan jumlah transaksi hingga 10 kali lipat," ujar Susilo Bambang Yudhoyono.

Gelaran tahunan yang populer disebut dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ) ini diadakan untuk ke 45 kali, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) kota Jakarta ke-485. Mengangkat tema 'Majulah Jakartaku' pameran ini diharapkan bisa menjadi simbol kemajuan kota Jakarta, dan diikuti kemajuan seluruh kota dan wilayah di Indonesia.

Disamping ribuan perusahaan, Jakarta Fair 2012 dimeriahkan oleh pentas musik dari musisi terkenal ibukota selama 32 hari berturut-turut. Sebanyak 260 konser musik dengan multi genre akan digelar di Panggung Musik Utama, dan Panggung Budaya Gambir Expo, Jakarta Pusat.

Pengunjung bisa menikmati penampilan musisi papan atas seperti Iwan Fals, Slank, Ungu, Agnes Monica, hingga band lawas Godbless. Semua musisi yang tampil diwajibkan membawakan sedikitnya satu lagu nasional pada pertunjukannya.

Harga tiket masuk pada Senin sampai Kamis adalah Rp 20 ribu. Sedangkan Jumat hingga Minggu pengunjung membayar Rp 25 ribu. Pengunjung Jakarta Fair 2012 akan diberikan kemudahan dalam menjangkau arena pameran. Penyelenggara menyediakan shuttle bus TransJakarta menuju lokasi pameran.

Pengunjung bisa menggunakan bus Transjakarta langsung dari halte Monas IRTI hingga Pintu II Arena PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat. Disediakan empat bus pada hari kerja, dan enam bus untuk akhir pekan. Waktu kedatangan tidak ditentukan, sebab setiap bus akan terus beroperasi dari pukul 09.15 hingga pukul 23.00 WIB.

Pengunjung juga akan diberikan kemudahan untuk parkir kendaraan. Area parkir di dalam arena PRJ akan ditambah beberapa titik, seperti di depan gedung PRJ dan di Jalan Rajawali Selatan. Akan disediakan juga area parkir di luar arena PRJ yang diatur oleh Pengelola Parkir Komplek Kemayoran (PPKK). Area parkir dapat menampung lebih dari 10 ribu mobil, dan 15 ribu sepeda motor. Tarif parkir untuk motor ditetapkan Rp 8 ribu, dan mobil Rp 15 ribu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement