Kamis 24 May 2012 21:06 WIB

TNI Lancarkan Aksi 'Perang' di Situ Bagendit

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Ratusan prajurit TNI AD wilayah Komando Distrik Militer 0611/Garut diterjunkan untuk melakukan 'perang' di Situ Bagendit. Tentunya bukan aksi perang sungguhan, melainkan perang membasmi tanaman eceng gondok di kawasan objek wisatan danau di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (24/5) itu.

Komandan Kodim 0611/Garut, Letkol Arm. Edy Yusnandar, mengatakan sengaja menerjunkan anggotanya untuk membersihkan tanaman eceng gondok yang tumbuh di perairan Situ Bagendit dalam rangka kegiatan bela negara. "Sekarang ini Situ Bagendit terlihat banyak tumbuh eceng gondok, sehingga terlihat kumuh, makanya kegiatan bela negara ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat," kata Edy.

Jika tanaman eceng gondok terus dibiarkan tumbuh, ia khawatir danau Situ Bagendit tidak lagi terlihat indah, kemudian berdampak menurunnya kunjungan wisatawan. Ia berharap Situ Bagendit yang menjadi kawasan wisata unggulan Garut, tetap indah dipandang dan dapat memanjakan para wisatawan yang datang.

"Makanya pelaksanaan bakti TNI ini, saya arahkan saja untuk membersihkan eceng gondok, saya kira ini sangat bermanfaat, menjaga keindahan wisata dan menjaga lingkungan," katanya.

Selain membersihkan eceng gondok, para prajurit TNI sebanyak 350 personel mengikuti kegiatan latihan militer seperti berenang sejauh 50 meter di kawasan Situ Bagendit. Pelaksanaan latihan militer itu untuk menguji keterampilan perorangan, dan ujian terampil jabatan, pembinaan pertahanan wilayah, dan pembinaan komunikasi sosial.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement