Senin 12 Sep 2011 16:23 WIB

Rektor UI Dituding 'Makan' Uang SPP Mahasiswa

Rep: Fernan Rahadi/ Red: Siwi Tri Puji B
Gumilar Rusliwa Sumantri
Foto: Republika
Gumilar Rusliwa Sumantri

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK - Forum Pemerhati Pendidikan di UI beserta BEM UI menuduh Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri, memakan uang SPP mahasiswa. BEM dan forum yang dikomandoi Ade Armando dan Effendi Gazali tersebut memaparkan data yang menyatakan Gumilar telah memakan dana yang berasal dari SPP mahasiswa sebesar Rp 1,5-1,8 juta per bulan.

"Rektor telah mengambil Dana Masyarakat antara lain dari SPP mahasiswa untuk uang makan anjing, ikan, serta peliharaan di rumah dinasnya," ujar Ade dalam orasi di Fakultas Ilmu Komputer UI, Senin (12/9).

Ade  menyertakan Formulir Permohonan Realisasi Anggaran Pusat Administrasi UI bulan November 2010 tentang pengadaan pakan binatang peliharaan di rumah dinas rektor UI. Formulir tersebut ditandatangani oleh Kasubdit Keuangan, Sutarto, dan Wakil Direktur Umum dan Fasilitas, Harun A Gunawan.

"Ini semua adah bukti yang amat kecil tentang salah tata kelola. Ini juga membuktikan bahwa audit internal tidak berjalan dengan baik. Secara umum mekanisme Checks and Balances seakan tidak eksis. Ini juga mengisyaratkan personalisasi keuangan," kata Ade.

Ade juga mengungkapkan rektor telah membayar sebesar Rp 44 juta biaya penulisan dan wawancara utama delapan halaman di sebuah majalah. "Tentu bisa dicari-cari alasan demi kepentingan Humas UI. Tapi siapa yang mengawasi atau mengaudit bahwa hal tersebut memang perlu dan signifikan untuk UI atau malah untuk pencitraan pribadi," kata Ade.

Effendi Gazali mengungkapkan fakta yang dibeberkan pihaknya tersebut bukan digunakan untuk meggulingkan rektor UI. "Ini bukan fitnah, namun fakta dengan bukti. Tujuannya bukan untuk menggulingkan rektor, tetapi demi masa depan UI yang lebih baik," kata Effendi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement