Senin 01 Aug 2011 17:38 WIB

Mosi tidak Percaya Terhadap Ketua DPR Segera Digalang

Rep: c41/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kritikan pedas kepada Ketua DPR RI Marzuki Alie atas usulan pembubaran KPK tampaknya mulai berkembang lebih jauh. Sejumlah anggota DPR tidak lagi sekadar melontarkan kritikan, tapi mulai menggulirkan kemungkinan melakukan mosi tidak percaya kepada Marzuki.

Anggota Komisi III dari Partai Hanura, Syarifuddin Suding menyatakan kecewa kepada Marzuki yang mengusulkan pembubaran KPK pekan lalu. Suding pun meminta Demokrat untuk segera menurunkan kadernya tersebut dari posisi nomor wahid di dewan.

"Pernyataan kontroversialnya ini sudah terjadi berulang kali dan berpengaruh pada citra lembaga. Saya akan menggalang mosi tidak percaya terhadap beliau," ujar Suding yang menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi saat dihubungi wartawan, Senin (1/8).

Sebagai orang yang memimpin lembaga terhormat, Suding menuntut Marzuki untuk mencerminkan tindak tanduk dan ucapan yang patut dan layak. Untuk memulai menggalang mosi tidak percaya, Suding akan berkomunikasi dengan fraksi lain di DPR untuk membuat surat evaluasi kinerja Marzuki yang kerap berbicara di luar batas. 

Soal penarikan Marzuki oleh Partai demokrat, Suding mengkuatirkan pernyataan Marzuki erat dikaitkan dengan sikap resmi Demokrat. "Kita lihat saja apakah pernyataan Pak Marzuki ini sebagai sikap resmi partai yang diminta SBY sehingga tidak akan ada sanksi yang diberikan," tegas Suding. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement