Jumat 11 Mar 2011 13:00 WIB

Linda: Industri Rumah Tangga Harus Dibangun

Rep: C02/ Red: Didi Purwadi
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar

REPUBLIKA.CO.ID,SAWANGAN - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Gumelar, Jumat (11/3) ini menghadiri pagelaran produk rumah tangga di perumahan Sawangan Permai, Depok. Acara yang menampilkan berbagai produk industri rumah tangga ini terdiri dari 5 Kelompok Usaha Bersama (KUB). Mereka menawarkan berbagai jenis barang mulai dari kerajinan tangan seperti gelang, tas, mainan anak, hingga makanan seperti dodol Depok, sirup belimbing, dan wingko belimbing.

Salah satu KUB yang bergabung adalah KUB Kenanga. Kelompok ini mengolah aneka penganan dan minuman yang terbuat dari belimbing dan jambu merah. "Kami mengolah buah menjadi berbagai cemilan dan minuman karena jumlahnya yang cukup banyak di daerah sini. Selain itu, belimbing juga merupakan ikon kota Depok," ujar Ketua KUB Kenanga, Rustiana.

Dalam kunjungannya, Linda sangat mengapresiasi keberadaan industri-industri rumah tangga ini. "Kami sudah lama menikmati produk-produk ini. Saya sangat mendukung adanya industri rumah tangga seperti ini. Apabila semakin berkembang dan bertambah banyak, hal ini dapat membantu perekonomian keluarga," kata Linda ketika ditemui wartawan seusai mengunjungi seluruh stand pameran.

Industri rumah tangga di Indonesia berjumlah cukup banyak. Namun sayangnya, kata Linda, tidak terdata dengan baik sehingga belum tampak seluruhnya. Ia berharap seluruh industri rumahan nantinya dapat didata agar dapat diketahui jumlahnya.

Linda juga meminta pemerintah daerah untuk mendukung usaha-usaha masyarakatnya. "Saya meminta pemda untuk mendukung kegiatan seperti ini. Pemda hendaknya membantu dan memperlancar mereka untuk mengembangkan kegiatan mereka," kata Linda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement