Senin 21 Feb 2011 19:42 WIB

Misi Besar PKS Calonkan Sultan Jadi Presiden

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: Djibril Muhammad
Sri Sultan Hamengkubuwono X
Sri Sultan Hamengkubuwono X

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Direktur Indobarometer M Qodari mengatakan, langkah DPW PKS Jateng untuk mencalonkan Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai capres 2014 menunjukkan ada misi besar PKS untuk benar-benar mencalonkan Sultan sebagai Presiden. Kemungkinan itu tidak tertutup karena Sultan memang menjadi salah satu kandidat kuat. Tidak ada istilah terlalu dini dalam membicarakan capres.

"Saya kira ada misi besar PKS untuk mengusung Sultan," ujar Qodari ketika dihubungi, Senin (21/2). Meski demikian, Qodari mengingatkan, PKS adalah partai yang menerapkan desentralisasi dan otonomi kepada pengurus wilayahnya. Artinya, sikap pengurus di daerah tidak selalu harus sama dengan DPP.

Hal itu menyebabkan sikap DPW PKS Jateng belum bisa memberi gambaran utuh terhadap sikap resmi DPP. Qodari mengaku sangat mengerti dengan alasan DPW PKS Jateng yang mengusulkan Sultan. "Sultan kan representasi masyarakat Jawa, juga punya popularitas cukup tinggi," kata dia.

Hal itu mungkin dipahami juga oleh DPP PKS. Qodari yakin, DPP PKS tidak akan terlalu gegabah pula untuk mengusung Sultan dari sekarang. "Harus diperhatikan juga aspirasi dari DPW-DPW lainnya di seluruh Indonesia," ujarnya.

Menurut Qodari, wajar jika isu capres sudah mengemuka di PKS. Hal itu karena sebenarnya isu tersebut memang harus dipikirkan setiap saat, bukan menjelang pilpres saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement