Ahad 09 Jan 2011 06:29 WIB

Arief Rachman: Kedermawanan Sudwikatmono Harus Ditiru

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pengamat pendidikan Arief Rachman mengatakan, sifat kedermawanan pengusaha Sudwikatmono harus dicontoh oleh orang-orang kaya dan pengusaha lainnya. "Pak Dwi sangat dermawan, dan itu sifat yang harus dicontoh orang-orang," kata Arief Rachman di rumah duka di Jalan Bukit Golf Pondok Indah Jakarta Selatan, Sabtu.

Sudwikatmono yang akrab disapa Om Dwi, konglomerat yang juga sepupu mantan presiden Soeharto meninggal dunia di RS Mount Elizabeth, Singapura pada Sabtu pagi. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di pemakaman San Diego Hills Jawa Barat pada Minggu usai shalat dzuhur.

Arief Rachman mengaku dekat dengan keluarga dan sering menghadiri pengajian dirumah Sudwikatmono. Dikatakannya, kedermawanan yang ditunjukkan Sudwikatmono dengan menyumbangkan hartanya kepada sekolah-sekolah dan orang tidak mampu.

Arief mengatakan dalam perjumpaannya terakhir dengan Sudiwkatmono saat menjenguk ke RS Mount Elizabet pekan lalu, kondisi Om Dwi memang sudah tidak baik. "Tapi dia masih merespon ketika saya berdoa agar meminta maaf kepada Allah SWT, dia juga mengikuti yang saya ucapkan," ujar Arief.

Menurut Arief, keluarga yang ditinggalkan juga sudah menerima dengan ikhlas. Arief mengenang Sudwikatmono sebagai sosok yang introvert, tidak banyak bicara namun kesan Arief, almarhum tidak sulit didekati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement