Jumat 03 Dec 2010 02:25 WIB

Ketika Istri Menteri Berlenggok di Atas 'Catwalk'

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sejumlah istri menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Rabu (2/12), tidak terlihat canggung ketika harus berjalan di atas 'catwalk' memperagakan karya desainer Didi Budiardjo dan Tuti Halid bersama dengan sejumlah peragawati profesional.

Sekalipun bukan berlatar belakang peragawati namun khusus untuk merayakan hari ulang tahun ke enam Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) di Gedung UKM, Smesco UKM, Jakarta, sejumlah istri menteri turut ambil bagian dalam peragaan busana produk Rumah Pintar Pacitan dan Lampung yang merupakan binaan SIKIB.

Di awal peragaan tampil ibu Hana Fadel Mohammad, ibu Sranya Marty Natalegawa dan ibu Lis Agus Martowardojo membawakan karya desainer Didi Budiharjo yang berupa blouse dan blazer dari kain tenun Lampung yang dipadu dengan celana panjang hitam. Setelah para istri menteri tersebut kemudian muncul tiga model profesional yang mengenakan gaun lebar model kelelawar selutut.

Selanjutnya diikuti penampilan ibu Rustini Muhaimin Iskandar, ibu Santi Helmy Faishal Zaini dan ibu Yasmin Gita Wirjawan yang membawakan karya desainer Tuti Halid yang memadukan batik Pacitan dan tenun Lampung. Ibu Rustini Muhaimin Iskandar dan ibu Santi Helmy Faishal Zaini tampil dengan pakaian muslim dan kebaya panjang.

Para istri menteri kabinet masih terlihat canggung berjalan di atas catwalk, dapat dimaklumi karena mereka memang bukan model profesional sekalipun sukses ketika tampil satu persatu di atas panggung. Kain yang digunakan oleh para desainer tersebut merupakan hasil dari industri kriya Rumah Pintar Pacitan dan Lampung, yang masing-masing diproduksi dengan pewarna alam.

Rumah Pintar adalah salah satu bagian dari Program Indonesia Pintar binaan SIKIB yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama kaum perempuan. Selain enam istri menteri itu, pada acara tersebut hadir pula Ibu Ani Yudhoyono, Ibu Herawati Boediono, Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari dan para anggota SIKIB yang lain.

Peragaan busana tersebut merupakan bagian dari SIKIB Expo 2010 bertema 'Bersama Menuju Indonesia Sejahtera' yang dibuka oleh Ibu Negara dengan membunyikan angklung, salah satu musik tradisional Indonesia yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia pada 16 November 2010. Pameran yang berlangsung selama empat hari, tanggal 2-5 Desember tersebut dibagi dalam lima zona yaitu Indonesia Pintar, Indonesia Peduli, Indonesia Hijau, Indonesia Sehat dan Indonesia Kreatif.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement