Kamis 07 Oct 2010 23:37 WIB

Selasa Depan, Komisi I DPR Panggil Menlu Soal Kunjungan SBY ke Belanda

Rep: Andri/ Red: Budi Raharjo
Mahfudz Siddiz
Mahfudz Siddiz

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Komisi I DPR pekan depan akan meminta keterangan Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa. Pemanggilan Marty oleh Komisi I DPR terkait pembatalan kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Belanda.

"Pekan depan, ya mungkin hari Selasa," kata Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq, di gedung DPR, Jakarta, Kamis (7/10).

Menurut Mahfudz, Komisi I DPR perlau mengetahui alasan sebenarnya pembatalan kepergian Presiden ke Belanda. Komisi I DPR juga membutuhkan perkembangan persidangan tuntutan kasus dugaan pelanggaran HAM di Den Haag yang menjadi penyebab batalnya SBY ke Belanda. Selain itu, lanjut Mahfudz, Komisi I DPR juga ingin mengklarifikasi adanya pembukaan rute penerbangan Amsterdam-Maluku yang dikhawatirkan sebagai jalur separatis RMS.

Pemanggilan Menlu, lanjut Mahfudz, juga menjadi sarana meminta klarifikasi soal rencana kedatangan Presiden AS Barack Obama ke Indonesia. Komisi I DPR ingin memastikan apakah Obama jadi melakukan kunjungan ke Indonesia akhir tahun 2010 ini. "Terakhir, Obama sangat memperhatikan separatisme di Papua. Kami mau minta penjelasan kenapa AS menyinggung-nyinggung Papua," ujar Mahfudz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement