REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tepat di hari pertama Ramadhan, Mahaka Media meluncurkan aliftv. Kehadiran aliftv memperkuat strategi grup untuk menghadirkan multimedia terpadu bagi komunitas Muslim.
"Dengan mengusung nilai-nilai Islam, diharapkan Aliftv mampu mengisi kekosongan tayangan yang membawa pesan moral dan memiliki misi pembangunan keimanan yang damai," kata Adrian Syarkawi, CEO Aliftv, saat soft launching dan press conference aliftv, di Rumah Maroko, Jakarta Pusat, Rabu (11/8).
Secara operasionalnya, Mahaka Media bekerja sama dengan Telkomvision dalam menayangkan program-program Aliftv. Pada pemunculan perdana hingga 30 September 2010, kata Adrian, Aliftv hadir dalam dua rangkaian waktu, yaitu pukul 04.00 WIB hingga 06.00 WIB dan pukul 17.00 WIB hingga 20.000 WIB. "Selanjutnya pada 1 Oktober, Aliftv akan hadir setiap hari 24 jam penuh," ujar Adrian.
Dengan tag line "Memberi Inspirasi", diharapkan Aliftv menjadi sebuah jendela dunia inspirasi seluruh keluarga. Dimana energi dan rasa antausias terbangun dari adanya pencerahan tentang bagaimana menghadirkan kehidupan yang lebih bermartabat dan harmonis.
Pada Ramadhan ini, Adrian menambahkan, Aliftv menghadirkan program Islami yang menarik, antara lain Pintar Ngaji, Tausyiah on The Street, Nyantab yang Halal, Simfoni Hati, Kafilah Walliyullah, Silahturahmi, dan Dari Balik Hati.
Pintar Ngaji adalah sebuah program yang bertujuan memberikan pendidikan Alquran, dari mulai pengenalan ilmu-ilmu Alquran (Tajwid, Qiroat) hingga pemahaman hikmah yang terkandung dibalik ayat-ayat yang dipelajari. Dipadu oleh Mucle dan Debu, acara ini sangat menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Dengan Pintar Ngaji, Aliftv menghadirkan kelas layar ngaji yang sangat murah, mudah, dan menyenangkan. Pintar Ngaji mengajak anak-anak mengisi Ramadhan dengan mencintai Alquran
Program menarik lainnya adalah Tausyah on The Street, sebuah program dakwah dalam bentuk lain yang lebih spontan. Pemandu acara, Aa Rheza akan mendatangi komunitas atau pribadi-pribadi di tempat umum guna bertausyiah, mengajak, dan menjadikan manusia tetap berada di jalan yang di Ridhoi Allah (fadhu kifayah) dengan metode menebar kebaikan.
Direktur Utama PT Mahaka Media, Rudi Setia Laksmana, mengatakan Aliftv melengkapi keberadaan media online, penerbit, harian Republika, dan penyelenggaraan event-event muslim, seperti lomba cipta lagu muslim, Santri Indio, yang kiprahnya telah diakui masyarakat luas. "Selain sebagai salah satu langkah startejik, Aliftv merupakan bentuk komitmen Mahaka Media dalam menghadirkan media positif yang dapat membangun moral masyarakat, terutama komunitas muslim," kata Rudi.
Sementara itu, Direktur Utama Telkomvision, Elvizar KH, mengatakan pasar televisi berbayar di Indonesia masih sangat luas. Saat ini segementasi televisi berbayar penetrasinya baru 2 persen. "Jadi masih ada ceruk pasar sebanyak 98 persen. Tinggal kontennya saja," kata Elvizar.
Menurutnya, program tayangan yang diminati masyarakat justru konten atau isinya berbasis lokalan dengan segmentasi yang jelas. "Penonton di Indonesia kurang meminati tanyangan dari luar negeri," ujar Elvizar.
Dengan adanya Aliftv, menurut Elvizar, akan semakin menggairahkan pertelevisian nasional. Sebab, isi tayangan Aliftv lain dari pada yang lain dan membawa pesan moral untuk kemajuan bangsa, negara, dan agama.