Jumat 25 Jun 2010 22:19 WIB

Presiden Ucapkan Selamat pada Julia Gillard

Rep: ink dari amsterdam/ Red: Ririn Sjafriani

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan selamat atas terpilihnya Julia Gillard sebagai Perdana Menteri Australia.

"Sehubungan dengan apa yang terjadi di Australia, atas nama pemerintah RI, saya ucapkan selamat pada PM Julia atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin Australia," kata Presiden di Bandara Schiphol, Amsterdam, Jumat dini (25/6) hari waktu setempat, dalam perjalanan menuju Kanada untuk menghadiri pertemuan puncak G20.

Presiden berharap hubungan yang baik antara RI dan Australia dapat dilanjutkan dan bahkan menemukan peluang baru kerjasama. "Saya sampaikan penghargaan pada Kevin Rudd, yang telah berupaya keras meningkatkan kerjasama dan persahabatan dengan RI," katanya.

Menurut Kepala Negara, manakala ada masalah bilateral dengan semangat persahabatan Kevin Rudd mencari solusi. "Harapan yang sama juga diharapkan pada perdana menteri yang baru," katanya.

Presiden mengatakan semula delegasi RI dijadwalkan bertemu delegasi Australia yang dipimpin Kevin Rudd di sela-sela pertemuan puncak G20 di Toronto, Kanada.

"Agenda tetap dan akan bertemu Wakil PM Australia di Toronto," ujarnya. Presiden melakukan pembicaraan telepon dengan PM Gillard saat melakukan transit di Amsterdam.

Presiden Yudhoyono melakukan kunjungan kerja ke tiga negara, Kanada, Turki dan Arab Saudi selama 11 hari. Julia Gillard menjadi perempuan pertama yang menjadi Perdana Menteri di Australia, setelah Kevin Rudd meletakkan jabatan sebagai pemimpin Partai Buruh. Menteri Keuangan Wayne Swan dipilih sebagai wakil pemimpin tanpa saingan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement