Sabtu 19 Jun 2010 04:33 WIB

Meski Berjanji Setia, PKS akan Tetap Kritis

Rep: indira/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sekjen PKS Anis Matt, mengatakan, PKS akan tetap kritis kendati menegaskan janji setianya pada SBY. Kekritisan PKS justru dipandang baik demi menghindari terjadinya kartel politik.

''Kekritisan PKS membuat koalisi menjadi sehat,'' ujar Anis, Jumat (18/6), usai memberi pengarahan pada ribuan kader PKS dalam Munas PKS Kedua di Hotel Ritz-Carlton Pacific Place. Publik kemudian menjadi percaya kalau koalisi di antara PKS dan SBY tidak akan berubah menjadi kartel politik yang merugikan masyarakat.

PKS percaya SBY tidak akan marah dengan sikap PKS yang berbeda dengan kebijakan pemerintah. Bagi Anis, itulah kelebihan SBY. Seorang demokrat sejati yang percaya arti perbedaan.

Koalisi permanen yang pada pembukaan Munas diutarakan Ketua Majelis Syuro, Hilmi Aminudin, juga sesuatu yang diutarakan pertama kali oleh SBY. Sebelumnya memang Anis mengakui kalau PKS dan SBY merancang koalisi itu berdua. Hingga timbul kesepakatan kalau Partai Demokrat dan PKS akan menjadi tulang punggung dalam koalisi dengan partai lainnya.

Karena itu Anis memastikan PKS akan terus bersama SBY hingga akhir pemerintahan. Akan tetapi, Anis mengatakan,''setelah 2014, kita tidak tahu.''

Koalisi permanen dipastikan Anis memperkuat basis kontrak politik antara PKS dan SBY. Dengan itu pula identitas PKS tetap terjaga. Dan, tidak menimbulkan pertentangan antara soliditas hubungan dengan identitas partai. Anis menceritakan alasan terbentuknya koalisi permanen. Dasar berpikirnya adalah kegagalan bertransformasi di sebuah negara akibat kekalahan dalam status quo. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement