Selasa 08 Jun 2010 01:19 WIB

Komisi I DPR Jemput Relawan Gaza di Bandara

Rep: CR2/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Hidayat Nur Wahid dan beberapa anggota Komisi I DPR RI menyambut kedatangan Relawan Indonesia untuk Gaza di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta
Foto: AGUNG SASONGKO/REPUBLIKA.CO.ID
Hidayat Nur Wahid dan beberapa anggota Komisi I DPR RI menyambut kedatangan Relawan Indonesia untuk Gaza di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, CENGKARENG, JAKARTA--Mantan Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wadid. Hidayat datang bersama tujuh anggota komisi I DPR RI di Bandara Soekarno Hatta. Rencananya, Hidayat bakal mengundang relawan untuk bercerita tentang pengalaman relawan selama menjalani misi kemanusiaan sekaligus evaluasi kinerja kedutaan besar dan kementerian luar negeri.

"Memang benar, saya bersama anggota komisi I DPR RI, akan mengundang relawan yang segera datang untuk bercerita," kata Hidayat saat ditemui Republika Online, Senin (7/6). Namun, Hidayat belum bisa memastikan kapan pertemuan itu bisa terlaksana mengingat tidak semua kondisi relawan dalam keadaan baik. Ia memprioritaskan memastikan kesehatan relawan terlebih dahulu baru mengatur pertemuan dengan para relawan.

Ketika ditanyakan soal kinerja Kemnelu, Hidayat menyatakan DPR RI bakal meminta keterangan ihwal kinerja kedutaan besar Indonesia dan tentunya kementerian luar negeri yang bertanggung jawab terhadap upaya perlindungan terhadap warga negara indonesia. "Bila ditemukan ada masalah tentu akan kami berikan rekomentasi atau teguran. Tapi sekarangkan belum tahu," ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi I lainnya dari Fraksi PDI-P, Sidarto Subroto menilai kinerja kementerian luar negeri cukup memadai tapi ia meminta tidak hanya kemenlu saja yang harus dievaluasi melainkan juga Presiden. "Saya kira, pemerintah harus tegas. Kejahatan terhadap kemanusiaan tak boleh terjadi," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement