Selasa 01 Jun 2010 04:41 WIB

Ketua DPD: PBB Harus Turun Tangan Sikapi Arogansi Israel

Rep: ind/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ketua DPD RI, Irman Gusman, menyesalkan dan mengutuk tindakan penembakan kapal relawan oleh Israel. Irman meminta PBB turun tangan mengambil sikap tegas atas tindakan Israel. ''Israel selama ini bertindak tapi tidak ada yang sanggup memberi sanksi,'' ujar Irman, Senin (31/5).

Irman kemudian mengatakan, penembakan kapal kemanusiaan yang didalamnya termasuk membawa 12 relawan dan wartawan dari Indonesia merupakan bentuk pelanggaran HAM oleh Israel. Padahal, kapal tersebut sedianya hendak memberi bantuan atas proses perdamaian bangsa Palestina dan Israel.

Tindakan penembakan itu dinilainya justru memperkeruh upaya perdamaian yang hendak dibantu negara lain, termasuk oleh Indonesia. ''Ini harus diintervensi,'' ucapnya. PBB perlu segera turun tangan memberi sanksi pada Israel agar negara itu berhenti bersikap arogan.

Terhadap nasib relawan dan wartawan asal Tanah Air, Irman meminta Kementerian Luar Negeri mengambil langkah aksi untuk memastikan nasib dan keselamatan Warga Negara Indonesia tersebut. Bila sampai ada korban jatuh maka Irman menyarankan pemerintah mengajukan protes sebagai bentuk sikap politik Indonesia atas kejadian ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement