Senin 31 May 2010 01:23 WIB

Pertamina Hulu Catat Kecelakaan Kerja Nihil

Rep: cepi setiadi/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) berhasil membukukan 12 juta jam kerja tanpa kecelakaan. Jumlah kecelakaan nihil (zero accident) anak perusahaan Pertamina ini terhitung dari bulan Februari 2008 sampai Februari 2010.

Atas keberhasilan ini PHE ONWJ menerima penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award) dari Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi atas Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kamis (27/5). Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar kepada Pjs GM/Senior VP PHE ONWJ, Boyke Pardede di Jakarta.

Boyke menyatakan keberhasilan ini merupakan suatu titik tolak dalam memperkokoh dan memotivasi pelaksanaan keselamatan kerja. ''Yakni dengan memperkuat manajemen pengawasan ijin kerja dan keselamatan kontraktor di bawah managemen BP Migas,'' kata Boyke dalam siaran persnya, Ahad (30/5).

Disebutkan Boyke, sistem dan program keselamatan kerja yang diterapkan oleh PHE ONWJ seperti Sistem Kontrol Ijin Kerja yang Aman ( Control of Work), Komunikasi Keselamatan Pekerja ( STOP Card), Sistem Manajemen Keselamatan Kontraktor (CSMS) dan kunjungan manajemen ke lapangan diterapkan sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

''Sebagai perusahaan nasional berkelas dunia, PHE ONWJ berbangga dapat memberikan sumbangsih yang signifikan demi kemajuan Pertamina dalam pembuktiannya sebagai World Class National Company,'' kata Boyke.

Sekadar informasi, PHE ONWJ merupakan operator dari Kontraktor Kerjasama ONWJ di bawah BP Migas yang dimiliki oleh Pertamina sejak Juli 2009. Kegiatan PHE ONWJ mencakup area sekitar 8,300 kilometer persegi yang terletak di sebelah utara Cirebon sampai ke Kepulauan Seribu.

Saat ini fasilitas produksi PHE ONWJ terdiri dari 670 sumur, 170 anjungan di perairan dangkal, 40 pemroses dan fasilitas disertai 1600 kilometer pipa bawah laut. Pada saat ini, PHE ONWJ memasok gas ke Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui Pembangkit Tenaga Listrik Muara Karang dan Tanjung Priok, Perusahaan Gas Negara (PGN) serta Pupuk Kujang di Cikampek, Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement