Sabtu 22 May 2010 04:49 WIB

Agus Harus Sedikit Bicara, Banyak Bekerja

Rep: stevy/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ekonom senior, Dradjad H Wibowo, meminta Menkeu Agus Martowardojo menularkan kinerjanya yang baik di Bank Mandiri ke Kementerian Keuangan. Menurutnya, Agus sudah memiliki pengalaman yang mumpuni. ''Semoga Menkeu yang baru ini relatif sedikit bicara tapi banyak bekerja, seperti rekam jejaknya di Bank mandiri. Bukan untuk popularitas pribadi saja,'' kata Dradjad, Jumat (21/5).

Wakil Ketum DPP PAN ini menilai kebijakan keuangan Agus bisa lebih menguntungkan pelaku sektor riil. Ini melihat rekam jejak Agus sebagai bankir di Bank Mandiri. Ia berharap Agus akan menggunakan instrumen PPh, PPN, kepabeanan, cukai, dan tarif untuk membuat regulasi dan impelementasi regulasi yang lebih berpihak pada dunia usaha, baik ukm maupun besar.

Pajak misalnya, Agus diharapkan tidak lagi meneruskan kebijakan pajak yang menjadi momok dan membuat limbung pelaku usaha karena banyaknya penyidikan yang ternyata tidak kuat substansinya. Sementara di kepabeanan, ia berharap Agus bisa mempercepat arus pabean pascareformasi birokrasi. ''Kita harapkan juga kemenkeu lebih berani menerapkan Bea Masuk Anti Dumping secara lebih luas meski dasarnya sudah kuat,'' usul mantan anggota DPR Komisi Keuangan ini. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement