Jumat 21 May 2010 22:42 WIB

Gesang akan Menerima Anugerah Kebudayaan

Rep: My1/ Red: Budi Raharjo
Jasad Gesang disemayamkan di rumah duka
Foto: Hasan Sakri Ghozali/Antara
Jasad Gesang disemayamkan di rumah duka

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO--Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) akan menyerahkan penghargaan kepada pencipta lagu Bengawan Solo, Gesang Martohartono. Penghargaan tersebut dalam bentuk Anugerah Kebudayaan.

''Penghargaan itu akan diberikan dalam pameran kerajinan di Jakarta, Juni mendatang,'' ungkap Dirjen Nilai Budaya, Seni, dan Film Kemenbudpar, Tjetjep Suparman, yang melayat ke kediaman Gesang, di Solo, Jumat (21/5). Dia datang mewakili Menbudpar.

Sebelumnya, Gesang juga telah menerima berbagai penghargaan, di antaranya penghargaan Anugerah Bintang Kehormatan dari kaisar Akihito 1992. Sementara dari dalam negeri, Gesang menerima bintang budaya parapadharma tahun 2002.

Tjetjep menambahkan, musik keroncong akan disosialisasikan dalam kurikulum pendidikan. Kurikulum karakter bangsa nantinya bakal dimasukkan materi-materi dari musik keroncong. Usulan ini, ujarnya, sudah dibahas dengan Kementrian pendidikan dan Kementrian Pemuda dan Olahraga. Diharapkannya, dengan kurikulum tersebut dapat melahirkan Gesang-gesang yang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement