Senin 17 May 2010 06:19 WIB

Andi Bisa Menang tanpa Suara Ormas

Andi Mallarangeng
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Andi Mallarangeng

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kandidat ketua umum Partai Demokrat, Andi Mallarangeng, diperkirakan bisa meraih suara dominan di kongres tanpa ada suara dari ormas internal. Hal itu terlihat dari konstelasi politik di internal partai tersebut di tingkat daerah.

Oleh karenanya, upaya agar ormas ormas internal Demokrat memiliki hak suara itu tidak begitu diperlukan. ''Di tingkat DPD, Andi sudah meraih dukungan yang signifikan,'' kata Direktur Eksekutif Political Literacy Institute, Gun Gun Heryanto, Ahad (16/5).

Dia menyampaikan hal itu menanggapi adanya upaya memperjuangkan ormas-ormas underbow Demokrat untuk memiliki hak suara di kongres. Menurut Gun Gun, para pemilik hak suara di kongres sudah banyak yang mengindikasikan mendukung Andi. ''Keinginan underbow Demokrat untuk mendapat hak suara akan dijadikan suatu posibilitas untuk memungkinkan jalannya kongres itu tidak kemudian blocking,'' jelasnya.

Gun Gun menilai, Andi diuntungkan oleh tiga hal. Pertama, Andi dekat dengan puncak hierarki silsilah di Demokrat, yakni Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono. Kedua, di kubu Andi ada Edhie Baskoro Yudhoyono yang merupakan anak biologis dari SBY. Ketiga, Andi paling banyak mendapat dukungan dari pengurus Demokrat di daerah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement