Jumat 30 Apr 2010 06:12 WIB

Pekan Depan, KPK Akan Periksa Menkeu Lagi

Rep: Indah Wulandari/ Red: Budi Raharjo
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan akan meminta keterangan lanjutan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati,  pada Selasa (4/5) pekan depan. Sedangkan pemeriksaan lanjutan terhadap Wapres Boediono belum diputuskan..

''Kebetulan Menkeu ada sidang kabinet. Disepakati dengan tim kami, akan dilanjutkan Selasa (4/5),'' kata Wakil Ketua KPK, M Jasin, di Jakarta, Kamis (29/4).

Pertimbangan ini diambil karena tim penyelidik kasus Century KPK memperkirakan pemeriksaan tak bakal bisa diselesaikan pekan ini karena kesibukan dua pejabat negara tadi. Jasin memastikan, dalam pemanggilan pekan depan prosedurnya sama. Artinya, lanjutnya, tim akan datang ke tempat yang disepakati bersama. ''Bisa di Kemenkeu atau tempat lain yang netral,'' jelasnya.

Jasin mengajak publik tak terjebak dalam perdebatan tentang tempat permintaan keterangan. Yang terpenting, ujarnya, tim mendapatkan substansi dan informasi yang dibutuhkan. Ia juga menegaskan, tak ada upaya pemaksaan untuk menghadirkan terperiksa lantaran ranah hukumnya masih di penyelidikan.

Pemeriksaan lanjutan itu masih seputar Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek dan Penyertaan Modal Sementara ke Bank Century. ''Permintaan keterangan keduanya secara keseluruhan sesuai jabatan mereka saat itu sebagai gubernur BI dan ketua KSSK,'' kata Jasin.

Saat dana talangan itu diberikan ke Bank Century, Boediono menjabat gubernur BI dan Sri Mulyani sebagai ketua Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KSSK).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement