Jumat 16 Apr 2010 22:51 WIB

Pemerintah Merasa Desentralisasi Kian Baik

Rep: Antara/ Red: Budi Raharjo
Mendagri Gamawan Fauzi
Mendagri Gamawan Fauzi

JAKARTA--Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, melihat jalannya pemerintahan di daerah saat ini makin baik bila dibandingkan awal reformasi pada 1999. Kenyataan itu memperlihatkan proses desentralisasi yang kian baik.

''Salah satu perubahan yang dilakukan adalah mengembangkan prinsip desentralisasi sehingga daerah semakin memegang peranan penting,'' kata Mendagri saat pembukaan musyawarah nasional Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI) di Istana Negara Jakarta, Jumat (16/4).

Gamawan menjelaskan, terkait dengan peran daerah yang makin besar dalam pelaksanaan pembangunan daerah dan juga hal-hal lain terkait daerah maka peran DPRD Provinsi juga makin besar sesuai dengan fungsi dan kewenangan yang dimilikinya. ''Peranan DPRD semakin besar dan menentukan di bidang legislasi, anggaran, dan pengawasan dalam rangka tetapkan kebijakan publik secara adil objektif dan transparan,'' jelasnya.

Menurut Mendagri, walaupun para anggota DPRD berasal dari berbagai partai politik namun dalam menjalankan tugas sehari-hari mengutamakan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. ''Meski anggota berasal dari parpol, tapi tidak sebatas kepentingan parpol. DPRD adalah unsur pemerintahan daerah untuk memajukan daerah. Dengan peran itu dengan semangat desentralisasi telah dilakukan penyempurnaan peraturan,'' imbuhnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement