Ahad 02 Apr 2023 02:43 WIB

Relawan Anies Baswedan Kumpul Keluarkan Resolusi Bersama

Relawan Anies Baswedan bertekat menang dengan jujur dan bermartabat.

Para relawan Anies Baswedan menggelar acara Buka Bersama dan Silaturahim Simpul Relawan Anies Baswedan.
Foto: istimewa/doc humas
Para relawan Anies Baswedan menggelar acara Buka Bersama dan Silaturahim Simpul Relawan Anies Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Relawan Anies Baswedan dari berbagai elemen masyarakat menggelar ‘Buka Bersama dan Silaturahim Simpul Relawan Anies Baswedan’, Sabtu (1/4/2023). Dalam acara itu mereka mengeluarkan resolusi bersama untuk memenangkan Anies dan meminta penyelenggara pemilu untuk bersikap netral di Pemilu 2024.

Kegiatan yang dimotori Tamsil Linrung dan Refly Harun  ini dijadiri sekitar 78 simpul relawan Anies Baswedan, dari berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya Majelis Sholawat Annadhiyyah Indonesia (Mas Anies), Anies Baswedan Center (AB Center), Jardiknas, Gemakopin, Rapembar, Anies Mania (Aman), Aliansi Kerakyatan untuk Anies (AKU ANIES), Amanah Macenning Anies Fot RI-1 (AMARI), Forum Anies Nasional Network (FANN), dan sebagainya.

Tamsil Linrung saat berbicara di Buka Bersama dan Silaturahim Anies Baswedan.

Dalam kegiatan ini, setiap simpul relawan diberikan kesempatan untuk menyampaikan orasi dan pandangan mereka terhadap pencapresan Anies. Hingga di ujung acara secara bersama-sama mereka membacakan Resolusi Relawan Anies Baswedan.

Adapaun isi resolusi adalah: Pertama, Relawan Anies Baswedan bertekad memenangkan Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 secara jujur dan bermartabat. Kedua, Relawan Anies menuntut penyelenggara pemilu, Presiden Jokowi, dan lembaga-lembaga negara bersikap dan bertindal netral selama Pemilu 2024. Ketiga, Relawan Anies Baswedan akan melawan segala bentuk kecurangan pemilu sesuai dengan koridor hukum yang berlaku.

Anies Baswedan yang sedang berada di Surabaya tidak hadir di acara tersebut. Namun Anies melalui panggilan video yang disiarkan di forum, mengatakan usaha bersama-sama untuk membawa perubahan dimudahkan. “Semangat para jamaah akan menular ke semuanya,” kata Anies. 

Mantan menteri pendidikan ini juga meminta agar para relawan menjaga kebersamaan. Sesama relawan harus saling menguatkan sehingga menjadi besar, bukan saling melemahkan.

Sementara Tamsil Linrung mengatakan ada kekhawatiran adanya isu presiden tiga periode. “Dan saat ini dimunculkan wacana perpanjangan masa jabatan dua hingga tiga tahun, maupun penundaan pemilu,” kata Tamsil.

Adanya isu-isu ini, menurut Tamsil, muncul karena banyak hal yang tidak sesuai dengan keinginan kekuasaan. Termasuk tidak senang jika Anies Baswedan menjadi presiden. “Dalam beberapa survei yang sungguh-sungguh, netral, selalu memposisikan Anies sebagai pemenang,” ungkap Tamsil.

Dalam kondisi ini, Tamsil meminta agar relawan Anies Baswedan bisa mengawal agar upaya penggagalan pemilu bisa dicegah. “Kita kawal agar tidak ada yang melakukan kudeta terhadap konstitusi,” ungkap Tamsil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement