Kamis 09 Feb 2023 07:53 WIB

Cerita Babinsa di Blitar Rawat ODGJ Kurang Mampu

Jika menemukan ODGJ di jalan, saya langsung bergerak cepat untuk membantu.

Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berpose saat petugas melakukan perekaman data KTP elektronik di Nagari Tandikek, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Rabu (1/9/2021). (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berpose saat petugas melakukan perekaman data KTP elektronik di Nagari Tandikek, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Rabu (1/9/2021). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR--Babinsa Koramil 0808/04 Sanan Kulon, Kodim 0808/Blitar beserta sejumlah pihak membantu ODGJ (Orang dengan gangguan jiwa) yang kondisi keluarganya kurang mampu di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Mereka merawat ODGJ sehingga menjadi lebih terawat.

Peltu Sugiyanto dari Babinsa Koramil 0808/04 Sanan Kulon, Kodim 0808/Blitar mengaku dirinya dengan sejumlah rekan suka rela melakukan kegiatan ini. Awalnya dilakukan pendekatan hingga kemudian diizinkan keluarga ikut membantu merawat, mulai dari memandikan, hingga mengganti bajunya.

Baca Juga

"Saya bersama rekan lainnya dan komunitas ini sudah bertahun-tahun merawat ODGJ salah satunya adalah saudara Sudarto (41 tahun) yang merupakan warga binaan kami," tutur Sugiyanto di Blitar, Rabu (8/2/2023).

Ia mengatakan, saat ini Sudarto tinggal bersama orangtuanya di Dusun Sidomulyo, Desa Gledug Kecamatan Sanan Kulon, Kabupaten Blitar. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI untuk membantu ODGJ, bahwa TNI harus hadir di tengah masyarakat.

"Langkah ini sebagai bentuk kepedulian TNI tentang membantu ODGJ, khususnya anggota Koramil 0808/04 Sanan Kulon dan Kodim 0808/Blitar selaras dengan implementasi perintah harian KSAD yaitu TNI AD harus hadir di tengah tengah masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi," katanya.

Selain membantu Sudarto (41), pihaknya juga tidak segan membantu ODGJ lainnya yang ditemukan di tengah jalan. "Jika menemukan ODGJ di jalan, saya langsung bergerak cepat untuk membantu kesulitan warga masyarakat yang ada di wilayah binaannya, dalam hal ini membantu ODGJ," ujar dia.

Peltu Sugiyanto berharap mereka yang dirawat ini juga bisa segera pulih sehingga bisa melakukan aktivitas sehari-hari bersama masyarakat. Ia prihatin dengan keberadaan ODGJ jika tidak dibantu, sebab dikhawatirkan membuat resah warga.

"Mudah-mudahan segera mendapatkan penanganan serta perawatan yang cepat dan tepat dari dinas kesehatan terkait, sekaligus bisa segera sembuh, sehingga nantinya tidak membuat resah warga sekitar," katanya.

Kepala Desa Gledug, Kabupaten Blitar Kholik Mawardi mendukung penuh yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0808/04 Sanan Kulon ini. Dirinya menilai, langkah ini sangat positif bahkan bisa ditiru.

"Saya sangat berterima kasih kepada bapak Peltu Sugiyanto dan Kodim 0808/Blitar yang telah bergerak membantu dan merawat ODGJ, warga saya yang kurang mampu. Saya berharap Sudarto sembuh," kata Kholik Mawardi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement