Senin 06 Feb 2023 10:51 WIB

Muhaiman Ajak Golkar Gabung, PAN Justru Yakin PKB Ikut ke KIB

PAN menilai jika Muhaimin bergabung ke KIB, tentu akan menguntungkan PKB.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Viva Yoga Mauladi.
Foto: DPR
Viva Yoga Mauladi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi menyambut baik rencana silaturahmi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke Partai Golkar. Menurutnya, silaturahmi tersebut juga menjadi bagian komunikasi ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Bagus kan silaturahmi antarpimpinan parpol menjelang penetapan paslon di pilpres, PAN merasa senang dan gembira jika PKB bertemu dengan Golkar. Itu artinya juga pertemuan dengan KIB," ujar Viva saat dihubungi, Senin (6/2).

Baca Juga

KIB yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) merupakan bentuk kerja sama politik yang solid. Jika PKB bergabung dengan koalisinya, justru akan menguntungkan bagi partai pimpinan Abdul Muhaimin Iskandar itu.

"KIB itu koalisi lahir batin, karena persamaan platform perjuangan, KIB kompak dan solid. Kalau PKB jadi koalisi pilpres dengan Golkar maka istilahnya PKB itu buy one, get three. Beli satu dapat tiga," ujar Viva.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, mengaku akan mengadakan pertemuan dengan Partai Golkar. Salah satu hal yang akan dibahas adalah mengajak Golkar ke dalam Koalisi PKB-Gerindra.

"Dalam waktu dekat, saya akan melakukan pertemuan dengan Partai Golkar untuk membicarakan berbagai hal, salah satunya soal koalisi," kata Cak Imin sapaan Muhaimin Iskandar di Kantor DPP PKB, Jakarta, Ahad (5/2/2023).

Dalam kesempatan itu, Muhaimin juga mengatakan, pertemuan tersebut bukan untuk membentuk koalisi baru, melainkan untuk mengajak Golkar bergabung ke dalam koalisi PKB-Gerindra.

Cak Imin juga mengatakan, pihaknya akan terus membuka komunikasi dengan semua partai. Dia juga mengatakan, hal tersebut telah dikomunikasikan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. "Semua, semua partai kita ajak bicara, kita undang kita ajak bicara," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement