Jumat 03 Feb 2023 21:12 WIB

Pemprov Riau Dukung Penyelesaian Proyek Tol Trans Sumatera

Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru saat ini masih dalam proses administrasi.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Nora Azizah
Foto udara simpang susun yang menghubungkan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Foto udara simpang susun yang menghubungkan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Riau, M. Job Kurniawan, mengatakan pihaknya mendukung penuh penyelesaian proyek pembangunan tol trans sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru - Bangkinang, Bangkinang - Pangkalan, dan Pekanbaru Rengat. Menurut Kurniawan, hadirnya jalan tol di Riau memberi manfaat besar bagi transportasi dan juga percepatan peningkatan ekonomi.

“Pada prinsipnya kami dari Pemprov Riau siap mendukung langkah - langkah yang diperlukan,” kata Kurniawan, Jumat (3/2/2023).

Baca Juga

Kurniawan melihat hadirnya jalan tol akan mempermudah arus keluar masuk barang dan jasa yang nantinya akan menumbuhkan daya saing ekonomi di Riau. Hal itu lanjut dia juga dapat menyerap tenaga kerja sehingga kesejahteraan di Riau kian meningkat.

Pemprov Riau saat ini sedang dalam proses penerbitan surat keputusan penetapan lokasi (Penlok) tambahan ruas Tol Pekanbaru - Padang seksi Bangkinang - Pangkalan tahap I dan Penlok tahap II ruas Tol Pekanbaru - Rengat. Kepala Dinas (Kadis) PUPR Provinsi Riau, Arief Setiawan, mengatakan penerbitan SK tersebut masih dalam proses administrasi.

 

“Penlok ini baru diajukan minggu lalu dan akan kami siapkan, minggu depan selesai,” kata Arief.

Seperti diketahui, jalan tol ruas Pekanbaru - Bangkinang  telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 4 Januari 2023 lalu. Project Director PT Hutama Karya Jalan Tol Ruas Pekanbaru - Bangkinang, Bambang Eko mengatakan saat ini pihaknya telah menyelesaikan pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 40 kilometer (km).

“Tinggal menyisakan pengerjaan sepanjang 6 km lagi,” ujar Bambang.

Sementara itu, ruas tol Bangkinang - Pangkalan tahap I dari SS Bangkinang-Tanjung Alai sepanjang 24,7 km saat ini masih dalam proses pengerjaan dan ditargetkan selesai pada Desember 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement