Jumat 03 Feb 2023 11:28 WIB

Serasa Milik Pribadi, Viral Video Penumpang Main Kuis di Kereta Api

Viral video sejumlah penumpang bermain kuis dalam kereta yang mengganggu penumpang.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Bilal Ramadhan
Penumpang berada di dalam rangkaian gerbong kereta jarak jauh (ilustrasi). Viral video sejumlah penumpang  bermain kuis dalam kereta yang mengganggu kenyamanan penumpang lain.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Penumpang berada di dalam rangkaian gerbong kereta jarak jauh (ilustrasi). Viral video sejumlah penumpang bermain kuis dalam kereta yang mengganggu kenyamanan penumpang lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Video yang diunggah oleh salah satu pengguna media sosial Tiktok akun @lodya_pitasari menjadi viral karena masyarakat internet turut kesal. Ia, yang juga berada di kereta api jarak jauh mengunggah video perilaku berisik penumpang lain karena main kuis di dalam kereta.

Dalam unggahannya, terlihat sejumlah penumpang mengenakan kemeja berwarna biru sedang seru bermain kuis di atas gerbong kereta. Mereka dikatakan sering kali berteriak sehingga mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Baca Juga

Akun @lodya_pitasari sendiri merasa terganggu dengan kelakuan para penumpang yang bermain tersebut. Dalam video tersebut memang terdengar para penumpang yang kompak itu berteriak tidak mementingkan penumpang lain.

"Berasa gerbong pribadi, tolong ini kendaraan umum dan banyak penumpang yah malah kuis, mana berisik dan teriak-teriak dan itu ganggu banget," tulis keterangan dalam video yang diunggah pada Selasa (31/1/2023) lalu.

 

"Kalau mau kaya gitu mah sewa gerbong sendiri," katanya dengan menyisipkan hashtag #kai.

Video tersebut pun menarik perhatian masyarakat dunia maya. Beragam komentar mulai dari mengkritik penumpang yang bermain kuis hingga saran untuk menegur mereka langsung ataupun melaporkannya ke kondektur.

"Sudah saya WhatsApp ke nomor yang tertera di ujung-ujung kereta, dan saya pikir penumpang lain sudah ada yang WhatsApp juga ke nomor itu," kata pengunggah video tersebut.

Ia mengaku bahwa petugas KAI di atas kereta pun menindak mereka selang beberapa menit ia melaporkannya. "Sudah ditegur, tapi mereka jawabnya kayak masih teriak gitu, 'oh kita berisik ya'," kata dia menceritakan.

Mengenai hal tersebut, VP Public Relations KAI Joni Martinus mengimbau agar setiap penumpang menjaga ketertiban serta kenyamanan bersama saat di dalam kereta api.

"Kami mengimbau agar sesama pelanggan KA untuk saling menghormati pelanggan lainnya," ujar Joni kepada Republika pada Kamis (2/2/2023).

Joni juga memberikan arahan jika menemukan hal-hal yang kurang berkenan di perjalanan kereta api, pelanggan dapat melapor kepada petugas kereta. Penumpang, menurut dia, dapat menghubungi nomor ponsel petugas kondektur yang terpasang pada dinding ujung di setiap kereta.

"Penumpang juga bisa menghubungi contact center KAI melalui panggilan telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected] id, atau media sosial KAI121. KAI komitmen untuk selalu menjaga kenyamanan pelanggan selama dalam perjalanan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement