Rabu 01 Feb 2023 10:19 WIB

Pemkab Bekasi Perbaiki Jalan Ambles di Ruas CBL

Jalan sepanjang 25 meter di Cikarang Bekasi Laut ambles karena berada di tepi sungai.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kondisi jalan raya di Jalan Cikarang Bekasi Laut (CBL), Desa Sumberjaya, Kabupaten Bekasi, rusak parah (ilustrasi).
Foto: Republika/M Tiarso
Kondisi jalan raya di Jalan Cikarang Bekasi Laut (CBL), Desa Sumberjaya, Kabupaten Bekasi, rusak parah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi segera memperbaiki jalan ambles di ruas Cikarang Bekasi Laut (CBL), Desa Muktiwari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Hal itu akibat kontur jalan di lokasi tersebut yang tidak stabil ditambah berada tepat di tepi sungai.

"Begitu mendapatkan laporan masyarakat terkait jalan amblas di CBL, kami langsung menuju lokasi untuk melakukan perbaikan," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/2/2023).

Henri menjelaskan, peristiwa jalan CBL yang ambles sepanjang 25 meter itu terjadi sejak pekan lalu hingga memakan hampir separuh badan jalan. Hal itu mengakibatkan aktivitas masyarakat terhambat.

Pihaknya menerjunkan sejumlah alat berat untuk memperbaiki ruas jalan yang ambles, termasuk pemasangan bronjong kawat berisi material bebatuan untuk memperkokoh pondasi tanggul yang berbatasan langsung dengan aliran sungai. "Selain perbaikan jalan amblas, pemerintah daerah juga akan melaksanakan pekerjaan perbaikan di sepanjang ruas jalan CBL secara bertahap pada tahun ini," kata Henri.

Camat Cibitung Encun Sunarto menjelaskan, ruas jalan tersebut rawan ambles, meski sudah dilakukan pemasangan patok beton atau turap di tepi jalan yang berbatasan dengan sungai. "Memang konturnya tidak stabil jadi saat ambles akhirnya turap itu ikut bergeser. Alhamdulillah dinas terkait merespon cepat dengan langsung melakukan perbaikan," katanya.

Encun mengatakan, longsor jalan di ruas itu kerap dikeluhkan masyarakat mengingat jalan tersebut merupakan akses utama aktivitas warga. Perbaikan yang dikerjakan diharapkan menjadi solusi mengatasi keluhan masyarakat.

Dia pun mengimbau pengguna jalan agar berhati-hati dalam berkendara selama proses perbaikan. "Untuk sementara bergantian saat melintasi jalan ambles yang sedang diperbaiki. Semoga bisa cepat rampung dan seluruh badan jalan bisa dilewati kembali," kata Encun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement