Senin 30 Jan 2023 20:08 WIB

Presidential Threshold Anies Terpenuhi, Sudirman Said: Koalisi Perubahan Siap Berlayar

Anies jadi bakal capres pertama yang dukungan presidential threshold-nya mencukupi.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Ketua dari tim Anies Baswedan, Sudirman Said bersyukur telah resminya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang secara resmi menyatakan sikapnya, di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (30/1).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua dari tim Anies Baswedan, Sudirman Said bersyukur telah resminya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang secara resmi menyatakan sikapnya, di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (30/1).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Ketua dari tim Anies Baswedan, Sudirman Said bersyukur telah resminya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang secara resmi menyatakan sikapnya. Koalisi yang terdiri atas Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS disebutnya sudah siap mengusung Anies sebagai calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Karena pada hari ini Pak Anies adalah bakal calon presiden yang pertama kali mendapatkan dukungan resmi dalam jumlah yang cukup. Ini artinya bahtera perjuangan Koalisi Perubahan segera bersiap untuk berlayar menempuh berbagai tantangan," ujar Sohibul di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (30/1/2023).

Baca Juga

Sikap resmi Partai Demokrat dan PKS disebutnya menjadi bentuk kesolidan bersama Partai Nasdem yang sejak awal mendeklarasikan Anies. Dukungan tersebut juga wujud kepercayaan rakyat terhadap mantan gubernur DKI Jakarta itu.

"Kita semua bersyukur satu per satu dukungan dari partai partai politik resmi diputuskan. Ini adalah wujud kepada Pak Anies Baswedan, tetapi juga wujud kepercayaan besar dan harapan akan hadirnya perubahan yang dinantikan oleh orang banyak," ujar Sudirman.

"Selanjutnya dalam waktu dekat para pimpinan puncak politik akan bertemu untuk menyusun, menyepakati piagam koalisi, dan dalam waktunya insya Allah akan dilakukan deklarasi bersama seluruh partai politik pendukung Pak Anies Baswedan," sambung mantan Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) itu.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Mohamad Sohibul Iman telah berkonsultasi dengan Ketua Majelis Syura PKS, Salim Segaf Al Jufri di Istanbul, Turki. Hasilnya, PKS secara resmi mengusung Anies Baswedan sebagai capres pada 2024.

"Sebagaimana yang ditunjukkan dalam tim kecil koalisi partai-partai pendukung Anies Rasyid Baswedan, PKS konsisten menjadi bagian dari partai-partai pengusung Anies Rasyid Baswedan tersebut di Pilpres 2024. Sehingga koalisi ini memenuhi presidential threshold 20 persen," ujar Sohibul.

Pesan kedua, PKS akan menyampaikan deklarasi dukungan secara resmi kepada Anies dalam rapat kerja nasional (Rakernas) PKS pada 24 Februari 2023. Rakernas tersebut akan digelar bersamaan dengan Rapat Majelis Syura PKS.

"Tidak tertutup kemungkinan akan terjadi percepatan sesuai dinamika politik yang berkembang, terutama setelah Ketua Majelis Syura PKS dan Presiden PKS kembali ke tanah air pada 3 Februari 2023," ujar Sohibul.

PKS disebutnya ingin segera menyampaikan informasi penting tersebut setelah tiba dari Turki, hari ini. Tujuannya agar masyarakat mengetahui sikap resmi dari partai yang memiliki warna dominan putih dan jingga itu.

"Kami ingin pesan-pesan penting ini segera diketahui oleh masyarakat secara luas. Sehingga memberikan kejelasan tentang sikap politik PKS dan tidak lagi menimbulkan pertanyaan-pertanyaan, spekulasi-spekulasi ke mana arah dukungan PKS di Pilpres 2024," ujar Sohibul.

 

 

photo
Anies Siap Menjadi Calon Presiden 2024 - (infografis republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement