Sabtu 28 Jan 2023 07:30 WIB

Gempa Magnitudo 4 di Kabupaten Bandung Akibat Sesar Garsela

Gempa bumi dirasakan di wilayah Soreang dan Banjaran serta Kota Bandung

Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Gempa bumi tektonik magnitudo 4 terjadi di wilayah Kabupaten Bandung, Sabtu (28/1/2023) pukul 01.00 Wib. Gempa bumi berlokasi di darat pada jarak 23 kilometer tenggara Kabupaten Bandung kedalaman 5 kilometer.

Gempa bumi diawali dua gempa pendahuluan magnitudo 2.6 dan magnitudo 3.0. Gempa bumi dangkal diketahui akibat aktivitas sesar garsela.

Baca Juga

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar garsela," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu melalui keterangan resmi, Sabtu (28/1/2023).

Ia melanjutkan, gempa bumi dirasakan di wilayah Soreang dan Banjaran serta Kota Bandung dengan skala getaran dirasakan beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," katanya.

Teguh melanjutkan, hingga saat ini belum terdapat laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa bumi. Hingga pukul 01:46 Wib, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya empat aktivitas gempa bumi susulan dengan magnitudo terkecil 2.4 dan magnitudo terbesar 3.5.

"Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement