Jumat 13 Jan 2023 17:54 WIB

Dewan Syura PKB: Ijtima Ulama Ikhtiar Wujudkan Cita-cita Para Pendiri NU

Sejumlah tokoh dan ulama NU menghadiri Ijtima Ulama yang diadakan PKB

Rep: Nawir Arsyad Akbar / Red: Nashih Nashrullah
Wakil Presiden Maruf Amin saat menghadiri acara Ijtima Ulama Nusantara di Hotel Millennium di Jakarta, Jumat (13/1/2023).
Foto: Fauziah Mursid/Republika
Wakil Presiden Maruf Amin saat menghadiri acara Ijtima Ulama Nusantara di Hotel Millennium di Jakarta, Jumat (13/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dewan Syura Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggagas Ijtima Ulama Nusantara yang digelar pada 13-14 Januari 2023. Acara tersebut mengangkat tema "Ulama Bangkit Bersatu Menjaga Indonesia". 

Sejumlah ulama, kiai, hingga tokoh nasional yang erat dengan NU juga direncanakan hadir dalam Ijtima Ulama Nusantara. 

Baca Juga

Beberapa di antaranya seperti Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, hingga mantan Ketum DPP PKB Alwi Shihab. 

"Ijtima Ulama ini seperti reuni para tokoh PKB sebagai partai yang dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama. PKB sepanjang perjalanannya telah melahirkan banyak tokoh yang punya kontribusi besar terhadap," ujar Sekretaris Dewan Syura PKB, KH Saifullah Maksum lewat keterangannya, Kamis (12/1/2022). 

Tujuan Ijtima Ulama Nusantara juga dalam rangka memastikan kinerja dan program PKB selalu dalam pengawalan dan arahan dari ulama. Serta memantapkan keterpautan perkhidmatan ulama dengan kehidupan kebangsaan dan masalah keumatan.

"Selain itu, Ijtima Ulama Nusantara diharapkan menyamakan visi tentang perjuangan politik PKB sebagai wasilah mewujudkan cita-cita luhur mu‘assis Nahdlatul Ulama. Meneguhkan soliditas dan kebersamaan para ulama dengan misi perjuangan dan agenda politik PKB, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang," ujar Saifullah. 

Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar, juga akan mengisi pembahasan kepemimpinan 2024 dalam acara tersebut. Baginya, Ijtima Ulama Nusantara merupakan bentuk perhatian ulama bagi partainya. 

"Saya memberikan apresiasi kepada Dewan Syura DPP PKB yang mengadakan Ijtima Ulama Nusantara. Tentunya pokok-pokok pikiran, saran, dan masukan para ulama ini sangat kita perlukan bagi kemajuan bangsa," ujar Muhaimin. 

"Sepanjang 400 hari menuju Pileg dan Pilpres 2024, PKB sangat membutuhkan nasihat dan bimbingan para ulama untuk kemenangan dan kejayaan PKB," sambung Wakil Ketua DPR itu.      

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement