Senin 02 Jan 2023 18:03 WIB

Liburan Tahun Baru Usai, Pengunjung TMII Masih Ramai

Pengunjung TMII pada 2 Januari 2022 hingga pukul 13.00 WIB mencapai 15 ribu orang.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kendaraan mengantre membeli tiket saat akan memasuki kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (31/12/2022).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Kendaraan mengantre membeli tiket saat akan memasuki kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (31/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kawasan wisata edukasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), masih menjadi tujuan pengunjung untuk menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru 2023. Pantauan di lapangan pada Senin (2/1), pengunjung memadati area seperti Tugu Api Pancasila, Danau Archipelago, serta Istana Anak-Anak Indonesia.

Pengunjung asal Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sinta mengatakan, ia sengaja menghabiskan sisa liburan di TMII. Dia mengaku, sudah mengunjungi beberapa anjungan, menaiki kereta gantung dan berakhir di Istana Anak-Anak Indonesia.

Menurut dia, TMII kali ini jauh lebih bersih jika dibandingkan dengan sebelumnya. "Ini kedua kalinya ke sini, sebelumnya yang sebelum di renovasi. Sekarang lebih bersih cuma udah enggak boleh naik motor kecuali listrik," ujar Sinta saat ditemui di TMII, Jakarta Timur, Senin (2/1/2022).

Namun, Sinta menyayangkan, tidak semua fasilitas toilet disediakan secara gratis. Dia mengaku harus mengeluarkan biaya tambahan ketika mengakses toilet di salah satu anjungan. "Kita kan masuk udah bayar tiket, masa masuk toilet disuruh bayar lagi tadi di anjungan," kata Sinta.

Sementara itu, Prita pengunjung asal Tebet, Jakarta Selatan, mengatakan tidak menyangka TMII masih dipadati pengunjung untuk liburan. "Kirain sudah sepi karena kan hari kerja tapi ternyata masih ramai juga," katanya.

Prita mengaku, sengaja membawa anaknya berkunjung ke TMII untuk mengenalkan Indonesia. Namun, dia belum sempat mengunjungi semua area karena tiba di TMII sudah terlalu sore. Selain itu, untuk menaiki kereta gantung dan shuttle bus yang disediakan, antreannya dinilai cukup panjang.

"Belum ke tengah-tengah sih, baru yang luar-luar aja. Mau naik cable car ngantri panjang banget, mau naik bus keliling juga banyak yang penuh," ujar Prita. Berdasarkan data TMII, jumlah pengunjung pada 2 Januari 2022 hingga pukul 13.00 WIB mencapai 15 ribu orang.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement