Rabu 21 Dec 2022 14:32 WIB

Polresta Banyuwangi Siapkan 11 Pos Pengamanan Libur Nataru

Pengamanan Nataru pihaknya bakal dibantu jajaran TNI.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Karta Raharja Ucu
 Anggota Kepolisian. Kasat Samapta Polresta Banyuwangi, Kompol Subandi mengungkapkan, pihaknya menyiagakanratusan personel yang ditempatkan di 11 pos pengamanan untuk mengamankan libur natal dan tahun baru 2023.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Anggota Kepolisian. Kasat Samapta Polresta Banyuwangi, Kompol Subandi mengungkapkan, pihaknya menyiagakanratusan personel yang ditempatkan di 11 pos pengamanan untuk mengamankan libur natal dan tahun baru 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- Kasat Samapta Polresta Banyuwangi, Kompol Subandi mengungkapkan, pihaknya menyiagakan ratusan personel yang ditempatkan di 11 pos pengamanan untuk mengamankan libur natal dan tahun baru 2023. Belasan pos pengamanan tersebut disebar di seluruh wilayah Banyuwangi. Posko pengamanan berjalan efektif mulai 23 Desember 2022.

"Kami membuat Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan sebanyak 11 pos. Terpusat di ASDP, pos terpadu di sana," ujarnya, Rabu (21/12/2022)

Subandi menjelaskan, pada pengamanan Nataru tahun ini, pihaknya membentuk limasatuan tugas (Satgas) yakni Satgas Preentif, Preventif, Kamseltibcar Lantas, Gakkum, dan Pamops. Personel yang dilibatkan dari Polres sebanyak 420 personel. Kemudian ditambah dari unsur TNI sebanyak 120 personel, dan akan dibantu juga dari instansi terkait. 

Subandi melanjutkan, khusus dari Satuan Samapta telah dibentuk empat tim khusus selama pelaksanaan pengamanan Nataru. Tim pertama melakukan pengamanan di lokasi misa Natal yakni di gereja. Tim kedua mobiling dengan menggunakan kendaraan roda empat. Tim ketiga mobiling dengan kendaraan roda dua.

 

"Tim yang keempat melakukan sterilisasi. Jadi setengah jam sebelum pelaksanaan Misa Natal ada tim sterilisasi," ujarnya.

Sementara itu, Polres Lamongan melibatkan sebanyak 188 personel dengan 5 pos untuk pengamanan Nataru. Lima pos yang dimaksud terdiri dari satu pos pelayanan dan empat pos pengamanan. Kapolres Lamongan, AKBP Yakhob Silvana Delareskha memperkirakan, pada natal dan tahun baru 2023 aktivitas masyarakat meningkat dibanding 2021.

"Karena tahun lalu kan masyarakat disibukkan dengan pandemi Covid-19 dan adanya pembatasan mobilitas saat itu," ujarnya.

Yakhob menambahkan, pada pengamanan Nataru pihaknya bakal dibantu jajaran TNI dan instansi terkait serta komponen masyarakat lainnya. Dalam kegiatan nanti, Yakhob menyatakan telah menyiapkan Satgas preventif, Satgas preemtif, Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Gakkum, dan Satgas Banops.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement