Sabtu 03 Dec 2022 10:15 WIB

BPIP Pilih 45 Ikon Prestasi Pancasila, Dianggap Sebagai Putra-Putri Terbaik Indonesia

Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila digelar Sabtu (3/12/2022) malam di Yogyakarta.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan memberikan Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila pada Sabtu (3/12/2022) pukul 19.00 hingga 21.00 WIB di Gedung Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta.
Foto: BPIP
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan memberikan Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila pada Sabtu (3/12/2022) pukul 19.00 hingga 21.00 WIB di Gedung Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan memberikan Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila pada Sabtu (3/12/2022) pukul 19.00 hingga 21.00 WIB di Gedung Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta. Yogyakarta dipilih menjadi tempat penyelenggaraan karena dipandang telah menjadi simbol kota pemersatu bangsa, di mana terdapat perpaduan harmonik lintas kultural yang menjadi cerminan kebinekaan. 

Pada tahun ini, penyelenggaraan Ikon Prestasi Pancasila akan memilih 45 Ikon Prestasi Pancasila baik individu, kelompok, maupun komunitas. Mereka dibagi dalam lima kategori yakn sains dan inovasi, olahraga, seni dan budaya, kewirausahaan sosial, serta tokoh dan penggerak lintas iman. Ikon yang terpilih dianggap dapat mencerminkan semangat perjuangan manusia Indonesia dengan menunjukkan suatu inspirasi keteladanan bagi seluruh elemen bangsa untuk menguatkan rasa bangga dan cinta kepada Indonesia. 

Baca Juga

Kegiatan tahunan ini dimaksudkan sebagai apresiasi terhadap putra-putri terbaik di seluruh penjuru Tanah Air yang senantiasa gigih berkarya dan menorehkan prestasi yang berdampak baik bagi negara dan bangsa Indonesia. Para peraih Ikon Prestasi Pancasila diharapkan dapat menjadi mitra strategis bagi BPIP dalam setiap upaya pembumian nilai-nilai Pancasila yang teraktualisasi dalam laku hidupnya sehingga mampu menjadi inspirasi nyata di seluruh lapisan masyarakat. 

Ikon Prestasi Pancasila merupakan wujud pribadi, kelompok, maupun komunitas yang melaksanakan Pancasila dalam tindakan, dan dilakukan secara tulus dan konsisten, baik dicerminkan melalui karya, prestasi nasional, maupun internasional. Para kandidat akan melalui proses ketat dalam penjaringan, seleksi oleh tim juri yang independen dan kapabel, serta kesediaan menandatangani pakta integritas.

Selain itu, kandidat peraih Ikon Prestasi Pancasila tersebut juga harus memenuhi beberapa kriteria yakni WNI dan memiliki rekam jejak yang positif, memiliki prestasi atau karya yang inovatif dan inspiratif, dan prestasi atau karyanya diakui oleh masyarakat, bangsa, dan negara dan/atau internasional. Mereka juga harus memiliki karya atau tindakan yang memiliki dampak positif dan bermanfaat bagi bangsa dan negara, serta memberikan inspirasi kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

BPIP telah memilih 45 Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2022 untuk dianugerahkan kepada individu, kelompok, maupun komunitas yang melaksanakan Pancasila dalam tindakan secara konsisten dan tanpa pamrih. Dari segala praktik baik yang terus bertumbuhan di seluruh penjuru negeri ini, kelak dipadukan dan disinkronkan dengan semangat gotong royong, saling berkolaborasi untuk menggapai cita-cita kemerdekaan, yakni mewujudkan masyarakat adil makmur. 

Dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (3/12/2022), Pancasila sebagai “politik harapan” akan memandu masyarakat menjadi bangsa tangguh yang produktif dan berperan penting dalam menyongsong era kemajuan. 

Penganugerahan Ikon Prestasi dimulai sejak 2017 oleh Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Mereka memilih 72 Ikon Prestasi Pancasila yang bertepatan dengan angka tahun peringatan Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Sehubungan dengan masa peralihan dan revitalisasi organisasi menjadi BPIP, maka penyelenggaraan kegiatan Ikon Prestasi Pancasila baru kembali diselenggarakan pada 2019 dengan memilih 74 ikon.  Secara berturut-turut kemudian mengiringi momentum perayaan Hari Kemerdekaan dengan memilih 75 ikon pada 2020, dan pada 2021 memilih 76 ikon. 

Kemeriahan acara puncak Penganugerahan Ikon Prestasi  juga akan didukung dengan penyelenggaraan Kirab Pancasila. Acara ini tidak hanya melibatkan arak-arakan bagi 45  peraih Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2022, tetapi juga segenap unsur masyarakat dalam balutan festival seni budaya. Acara ini akan digelar pada Ahad (4/12/2022) di Jalan Malioboro Kota Yogyakarta.

“Oleh karenanya, dukungan dari segenap unsur stakeholder untuk turut serta berpartisipasi dalam semangat gotong royong, menjadi sangat penting demi suksesnya penyelenggaraan acara ini,” ujar BPIP. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement