Rabu 30 Nov 2022 20:13 WIB

KKB Papua Adang Patroli Damai Cartenz, Anggota Brimob Meninggal Dunia

Dua orang anggota Brimob terkena tembakan dalam serangan separatis Papua tersebut.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang beroperasi di Papua.
Foto: Istimewa
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang beroperasi di Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Rabu (30/11/2022) sore mengadang patroli Damai Cartenz di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Baku tembak pun terjadi hingga menewaskan seorang anggota Brimob Polri.

"Memang benar patroli Satgas Damai Cartenz yang hendak kembali ke Dekai diadang hingga terjadi kontak tembak yang mengenai dua anggota Brimob, seorang di antaranya meninggal," kata Kapolres Yahukimo, AKBP Arief Kristanto Rabu (30/11/2022), petang.

Baca Juga

Pengadangan pasukan gabungan TNI-Polri itu terjadi sekitar pukul 16.40 WIT. Saat itu, pasukan patroli melintas di jembatan 2 Jalan Poros Login Km 7 Dekai.

Dua anggota Brimob yang terkena tembakan berasal dari Polda Lampung, yakni Bripda Gilang yang meninggal dunia dan Briptu Fauzan. Nama terakhir mengalami luka tembak pada bagian punggung kiri atas. "Saat ini keduanya berada di RSUD Dekai," kata Arief.

 

Mantan Kapolres Deiyai itu mengakui, kondisi Briptu Fauzan stabil dan sadar. Pihaknya belum dapat memastikan berapa jumlah pelaku pengadangan tersebut karena kondisi kawasan itu sudah gelap.

Polisi juga belum dapat memastikan pelaku berasal dari KKB pimpinan siapa. Mereka akan kembali ke lapangan pada Kamis (1/12) untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Sebelumnya, Selasa (29/11/2022) malam, orang tak dikenal (OTK) dilaporkan menembak Brigpol Muhammad Yusdar di Dekai. Anggota Polres Yahukimo itu diserang saat hendak mengambil uang di ATM BRI.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement