Jumat 25 Nov 2022 00:58 WIB

Sumbar Targetkan Kirim 1,5 Ton Rendang untuk Korban Gempa Cianjur

Bantuan rendang dari Sumbar diharapkan bisa sampai di Cianjur pada Jumat sore

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Petugas membawa kotak yang berisi rendang siap saji di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat, di Padang. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Muhammad Arif Pribadi
Petugas membawa kotak yang berisi rendang siap saji di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat, di Padang. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) akan mengirimkan 1,5 hingga 2 ton rendang untuk membantu kebutuhan logistik masyarakat terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat.

"Kita terus menghimpun bantuan berupa rendang dari berbagai pihak untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak gempa Cianjur. Mudah-mudahan bisa terkumpul 1,5 sampai 2 ton," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi di Padang, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan hari ini akan langsung mendistribusikan rendang yang sudah terkumpul ke lokasi bencana. Sisanya akan dikirimkan saat bantuan telah terkumpul semua. "Kita bergerak cepat untuk memberikan bantuan ini," katanya.

Bantuan rendang itu diharapkan bisa sampai di lokasi pada Jumat sore atau malam dan langsung diserahkan pada masyarakat atau Pemprov Jawa Barat. "Kita akan koordinasikan apakah langsung disalurkan pada masyarakat atau lewat pihak berwenang di Jabar," ujar Mahyeldi.

Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Jumaidi mengatakan pengumpulan rendang untuk bantuan tersebut dilakukan sejak Selasa (22/11/2022) atau satu hari setelah bencana. "Hingga tadi malam sudah terkumpul 599 kilogram rendang. Masih banyak yang konfirmasi untuk membantu, tapi belum diantar ke posko di BPBD," katanya.

Selain rendang dari partisipasi masyarakat, BPBD Sumbar juga membuat 40 kilogram rendang untuk dikirimkan ke Cianjur. "Awalnya kita berniat beli. Namun ada usul agar bisa lebih banyak rendangnya dimasak sendiri. Akhirnya ibu-ibu Dharma Wanita BPBD bergotong royong membuat 40 kilogram rendang untuk dikirim ke lokasi bencana," katanya. Gubernur Sumbar Mahyeldi bahkan ikut memasak rendang tersebut bersama tim dari BPBD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement